Advertisement

Potensi Suara NU Pecah di Pilkada Bantul, Ini Kata Abdul Halim Muslih

Jumali
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Potensi Suara NU Pecah di Pilkada Bantul, Ini Kata Abdul Halim Muslih Abdul Halim Muslih saat ditemui di Pleret, Jumat (30/8/2024) - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bakal calon bupati Bantul petahana, Abdul Halim Muslih angkat bicara terkait dengan potensi suara NU yang mungkin pecah, menyusul majunya bakal wakil bupati Bantul Wahyudi Anggoro Hadi berpasangan dengan Untoro Hariadi pada Pilkada 2024.

Ketua PKB Bantul tersebut memilih tenang dan mengaku tidak khawatir jika suara NU akan pecah pada Pilkada Bantul kali ini.

Advertisement

"Tidak [tidak khawatir], jadi kalau saya sudah deklarasi, mendaftarkan di KPU, ya apapun kondisi lapangan kita siap, kita mesti menerima berbagai fenomena yang muncul di dalam Pilkada ini. Jadi tidak ada masalah," kata Halim ditemui di Pleret, Jumat (30/8/2024) siang.

Halim juga mengaku, sampai Jumat (30/8/2024) belum ada komunikasi dengan  Wahyudi Anggoro Hadi.

"Sampai hari ini, sampai dia mendaftar pun belum ada komunikasi," kata Halim.

Menurut Halim, demokrasi telah memungkinkan bagi setiap warga negara untuk dipilih maupun memilih untuk maju pada Pilkada 2024. Begitu pun dengan adanya tiga bakal pasangan calon yang saat ini sudah mendaftar di KPU Bantul, hal itu dinilai oleh Halim sebagai hal yang wajar.

BACA JUGA: SPBU di DIY Mulai Sosialisasi Rencana Pembatasan Pembelian Pertalite dan Solar

"Demokrasi memungkinkan warga negara untuk dipilih maupun memilih untuk dicalonkan sebagai kandidat dalam Pilkada, jadi ya wajar saja, biasa saja dan ini positif, tidak ada yang perlu dipermasalahkan," ungkap Halim.

Sebelumnya,  sejumlah kiai di Bumi Projotamansari terang-terangan memberikan dukungan kepada bakal paslon Untoro Hariadi-Wahyudi Anggoro Hadi, saat pendaftaran ke Kantor KPU Bantul, Kamis (29/8/2024) sore.

Bahkan, beberapa kiai ikut mendoakan mengantar bakal paslon Untoro-Wahyudi yang memiliki tagline Bantul Berbenah, Bantul Gumregah.

Pengasuh Pondok Pesantren Amumarta, Jejeran, Pleret, Bantul, KH Muhammad Djawis Masruri Nawawi yang mengantar dan mendoakan bakal paslon Untoro-Wahyudi mengatakan jika dirinya mendukung paslon ini maju pada Pilkada Bantul 2024.

Bahkan, inisiator Bank Anti Riba ini terang-terangan mendoakan agar bakal paslon Untoro-Wahyudi menang pada Pilkada Bantul. "Pasangan ini semoga bisa menjadi bupati dan wakil bupati Bantul," katanya.

Menurut Djawis, dirinya sangat kenal dengan Wahyudi. Karena lurah Panggungharjo, Sewon tersebut merupakan santrinya. Bahkan, Djawis menyatakan jika Wahyudi juga sudah dianggap anaknya. Selain itu, Wahyudi memiliki prestasi di tingkat nasional.

"Semoga menjadi Bupati-Wakil Bupati Bantul, Untoro sama Wahyudi. Selain itu yang saya ketahui mas Untoro sama Wahyudi selama ini baik-baik saja bahkan dinamis dan kreatif," kata Djawis.

Sementara rombongan bakal paslon Untoro-Wahyudi sampai di kantor KPU Bantul, Kamis (29/8/2024) pukul 16.38 WIB. Pasangan Untoro-Wahyudi diusulkan oleh PAN dan PBB.

PAN memiliki dua kursi di DPRD Bantul, sedangkan PBB tidak memiliki kursi. Adapun  jumlah total suara sah yang dimiliki oleh paslon Untoro-Wahyudi adalah sebanyak 58.803 suara sah, yang terdiri dari PAN dengan 43.750 suara sah, dan PBB 11.053 suara sah.

Sementara batas minimal partai maupun gabungan partai untuk mengusulkan bakal pasangan calon untuk Kabupaten Bantul adalah sebanyak 47.210 suara sah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tantangan GenRe Menuju Indonesia Emas, 1 dari 3 Remaja Indonesia 10-17 Tahun Miliki Masalah Kesehatan Mental

News
| Kamis, 19 September 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement