Advertisement

Puluhan Seniman Melukis Mural di Tembok PSG Sewon, Kampanyekan Pilkada Aman

Jumali
Sabtu, 31 Agustus 2024 - 19:27 WIB
Maya Herawati
Puluhan Seniman Melukis Mural di Tembok PSG Sewon, Kampanyekan Pilkada Aman Para seniman saat melukis di tembok Pasar Seni Gabusan, pada Sabtu (31/8/2024) sore - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan seniman di Bantul melukis mural di tembok Pasar Seni Gabusan (PSG) Sewon, Bantul, Sabtu (31/8/2024) sore. Mereka melukis mural dengan tema Pilkada Aman, Penak Golek Pangan.

"Harapannya, tetap tercipta suasana kondusif saat menjelang maupun pelaksanaan Pilkada," kata salah satu seniman, Udin, 45, di tengah aksi melukis mural.

Advertisement

Udin yang sering melukis mural di berbagai titik di DIY ini sengaja datang untuk ikut melukiskan terkait harapannya agar Pilkada nantinya berjalan lancar, damai dan suasana tetap kondusif.

Adapun tema mural yang digoreskan oleh Udin adalah Mandaliyem (aman terkendali ayem). Di mana, Udin melukiskan gambaran mengenai kondisi persawahan, petani, warga hingga memasang maskot Pilkada KPU Bantul.

"Saya mulai gambar tadi pukul 08.00WIB sampai 17.00 WIB. Saya berharap, agar Pilkada tetap menyenangkan dan tetap menjaga kerukunan," katanya.

Seniman lainnya, Igun, 46, mengaku sengaja memilih tema Pilkada Aman Kerjo Nyaman. Diharapkan, dengan tema tersebut, Pilkada nantinya tetap berjalan damai, aman dan rukun.

"Sehingga membuat yang kerjo juga merasa aman dan nyaman," ucapnya.

Oleh karena itu, Igun memilih menggambarkan suasana guyub rukun dalam lukisan muralnya. Tak hanya menggambarkan penjual jamu yang sedang berkumpul dengan aparat keamanan, tapi juga ada gambar terkait para disabilitas yang ikut dalam pemungutan suara di Pilkada. "Harapannya tentu semua tetap guyup rukun, pemerintahan berjalan lancar," harap Igun.

BACA JUGA: Bawa Celurit dan Airsoft Gun, Dua Pelajar Bukan Klitih di Caturtunggal Ditangkap Polisi

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry mengungkapkan, Polres Bantul sengaja menggelar kontes mural di tempat tersebut. Diharapkan dengan pelibatan 10 seniman mual, maka harapan agar Pilkada berjalan baik, lancar dan damai bisa disampaikan ke masyarakat lewat media mural.

"Kami juga ingin agar masyarakat tidak hanya fokus pada politik saja, tapi juga bisa melakukan kegiatan positif," kata Jeffry.

Tak hanya kontes melukis mural, Jeffry mengaku Polres juga menggelar pameran lukisan di tempat tersebut. Selain itu, ada juga hiburan dari pengamen jalanan. "Pameran kami gelar sampai 15 September mendatang, siapapun boleh datang," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement