Advertisement

Seratusan Bidang Tanah di Caturtunggal Berpotensi Terdampak Tol Jogja-Solo-YIA, Pengadaan Tanah Masih Berproses

Catur Dwi Janati
Kamis, 05 September 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Seratusan Bidang Tanah di Caturtunggal Berpotensi Terdampak Tol Jogja-Solo-YIA, Pengadaan Tanah Masih Berproses Ilustrasi proyek Tol Jogja-Solo. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Seratusan bidang tanah di Kalurahan Caturtunggal diperkirakan akan terdampak pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA. Saat ini proses pengadaan tanah masih terus dilakukan. 

Plt Lurah Caturtunggal, Aminudin Aziz mengungkapkan ada seratusan bidang tanah di Caturtunggal yang terdampak pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA. "Banyak, seratusan [bidang tanah]," ujar dia, Kamis (5/9/2024).

Advertisement

Adapun bidang-bidang tanah terdampak tol membentang sekitar Hotel Lafayette hingga seputaran perempatan Kentungan. "Dari barat perempatan [Kentungan] sampai ke timur, dekat-dekat hotel," ujar dia.

Aminudin menambahkan bila bidang tanah yang terdampak tidak hanya berada di sisi utara jalan Ring Road, tetapi juga menyentuh bagian sisi baratnya.

Akan tetapi, menurut Aminudin bidang-bidang tanah yang terdampak kebanyakan tidak luas, melainkan hanya kecil-kecil. "Dua-duanya [utara-selatan], kecil-kecil," ujarnya. 

Dari seratusan bidang tanah yang terdampak tol, Aminudin menjelaskan bila sebagian besar itu merupakan tanah milik warga. Memang ada sebagian yang tidak hanya digunakan sebagai hunian warga tetapi juga ada yang digunakan untuk usaha. "Hampir semuanya milik warga," tandasnya. 

"Ada yang untuk usaha, untuk toko, ada yang untuk rumah tinggal," tambahnya. 

Dilanjutkan Aminudin, bila sosialisasi telah dilakukan kepada pemilik bidang tanah terdampak. "Sosialisasi terakhir terkait [warga] yang kena dampak langsung dan udah pada pengukuran, " ujar dia. 

Soal harga tanah, secara umum, Aminudin tidak mengetahui harga tanah yang bakal dikenakan pada bidang tanah terdampak di Caturtunggal. Terkait dengan potensi harga tanah mungkin akan lebih ketika tinggi mendekati Jl. Kaliurang, Aminudin mengatakan itu masih sebatas kemungkinan. "Yang kena dampak baru diberikan sosialisasi, kemudian diadakan pengukuran, pengadaannya kan baru proses," imbuhnya. 

Aminudin mempercayai proses appraisal yang dilakukan, pasalnya penghitungan semacam ini punya aturan tersendiri. Ia hanya berharap nantinya ada sosialisasi kepada warga bila pembangunan akan dilaksanakan. "Nanti usahakan dampaknya seminimal mungkin dan besok kalau ada proses pembangunan harus ada sosialisasi lagi," ungkap Aminudin.  

BACA JUGA: Terbaru! Tarif Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Rp1.860 Per Kilometer, Ini Detailnya

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah BPN DIY, Suwito mengungkapkan nilai harga tanah tertinggi dalam pengadaan tanah terdampak Tol Jogja-Solo-YIA di Sendangadi pada Selasa (3/9/2024) lalu menyentuh angka Rp16 juta per meter. "Per meter Rp16 juta di Ring Road. Itu nilai tanah saja, kan ada bangunan ada macam-macam," kata dia.

Kendati nilainya tergolong fantastis, nilai ini bukan yang paling tinggi dalam catatan pengadaan tanah Tol Jogja-Solo-YIA di DIY. Di Maguwo, harga tanah terdampak tol kata Suwito per meternya bisa mencapai Rp20 juta. "Ada [lebih tinggi] Maguwo, daerah sekitar Lotte itu kurang lebih Rp15-20 juta," ujarnya. 

Suwito memprediksi harga tanah per meternya akan makin tinggi ketika mendekati area UGM atau Jl. Kaliurang. "Nanti mungkin semakin ke tengah ke UGM makin mahal lagi. Kalau ring road sini sama timur hampir sama lah. Nanti paling puncaknya itu ya Jl. Kaliurang," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Koordinasi KPK Soal Pemberantasan Korupsi dengan Menko Polhukam Berjalan Baik

News
| Senin, 16 September 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement