Advertisement

Santap Nasi Kotak Saat Acara di Kantor Kalurahan Patalan, Belasan Orang Diduga Keracunan

Jumali
Rabu, 11 September 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Santap Nasi Kotak Saat Acara di Kantor Kalurahan Patalan, Belasan Orang Diduga Keracunan Ilustrasi Keracunan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sedikitnya ada 18 orang dari Kalurahan Patalan menjalani pemeriksaan kesehatan dan menjalani rawat jalan di Puskesmas Jetis 2, Bantul, hingga Rabu (11/9/2024) sore. Mereka diduga mengalami keracunan setelah menyantap sajian makanan saat acara Penyerahan SK Penetapan Rintisan Desa/Kalurahan Budaya 2024 yang digelar di Kantor Kalurahan Patalan, Selasa (10/9/2024).

“Untuk yang harus sampai menjalani rawat inap tidak ada. Sementara 18 orang yang sudah diperiksa dan diperbolehkan pulang. Enggak tahu kalau rombongan dari kalurahan dan kapanewon lainnya, karena kebetulan acara kemarin yang datang tidak hanya dari Patalan tetapi juga Bawuran, Wirokerten, Trirenggo dan Temuwuh,” kata Panewu Jetis, Anwar Nur Fahrudin, Rabu (11/9/2024) petang.

Advertisement

Menurut Anwar, peristiwa keracunan awalnya diketahui setelah ada laporan dari sembilan orang warga Dusun Gelangan, Kalurahan Patalan yang mengalami gejala keracunan setelah memakan nasi kotak saat acara tersebut.

BACA JUGA: Diduga Keracunan, 25 Santri di Sanden, Dilarikan ke RS Adyatma dan RS Rachma Husada Bantul

Setelah mendengar adanya kejadian tersebut, pihak kapanewon berkoordinasi dengan pihak kalurahan melakukan tracing terhadap mereka yang telah mengonsumsi nasi kotak tersebut. “Hasilnya ada 18 orang. Sore tadi memang masih ada 6 orang tapi sudah diperbolehkan pulang,” kata Anwar.

Setelah itu, pihak puskesmas, kata Anwar, juga meminta keterangan terhadap tiga penyedia katering pada kegiatan tersebut. Selain itu, puskesmas juga telah melakukan pengecekan katering yang dikonsumsi warga. “Hanya saja, sisa makanan yang kemarin sudah tidak ada. Akhirnya dari pihak puskemas mengambil sampel dari muntahan dari korban. Dan sekarang sedang diuji di lab,” kata Anwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kian Santer, Begini Utak Atik Nama Menteri di Kabinet Prabowo

News
| Selasa, 17 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement