Advertisement

Masih Jadi Penyakit Mematikan, Update Penanganan Stroke Perlu Dilakukan

Sunartono
Sabtu, 14 September 2024 - 07:57 WIB
Sunartono
Masih Jadi Penyakit Mematikan, Update Penanganan Stroke Perlu Dilakukan Soeradji International Conference (SIC) digelar dengan mengangkat tema Exploring Challenges Issues, Emerging Trends Neuro-Oncology & Neurovaskular di Hotel Sheraton Jogja, Jumat (13/9/2024) hingga Sabtu (14/9/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Soeradji International Conference (SIC) digelar dengan mengangkat tema Exploring Challenges Issues, Emerging Trends Neuro-Oncology & Neurovaskular di Hotel Sheraton Jogja, Jumat (13/9/2024) hingga Sabtu (14/9/2024). Seminar yang dihelat RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro ini membahas tren terkini penyakit neurovaskular seperti stroke yang morbiditasnya cukup tinggi.

Ketua Panitia Wisnu Baskoro menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari bidang kedokteran, dosen maupun perawat. Sejumlah narasumber dihadirkan dari luar negeri antara lain Jepang, Singapura dan United Kingdom. Materi ini menjadi prioritas pembahasan karena penyakit neurovaskular stroke menjadi pembunuh nomor satu selain jantung dan onkologi.

Advertisement

BACA JUGA : Cuaca Jogja Panas Terik, Dinkes Ingatkan Masyarakat Antisipasi Heat Stroke

"Kami ingin update perkembangan penanganannya penyakit neurovaskular stroke ini, karena di luar negeri itu sudah maju penanganannya. Harapannya teman dokter dan perawat bisa menambah wawasan penanganannya, share ilmu pengetahuan," katanya

Menurutnya Kemenkes sudah mengarahkan agar rumah sakit memprioritaskan untuk neruovaskular dan neuro-onologi. Penyakit ini memiliki angka morbiditasnya cukup tinggi. Oleh karena itu transfer ilmu dari pakar luar negeri sangat diperlukan sehingga para dokter dan perawat di Indonesia memiliki gambaran untuk diterapkan di rumah sakit. "Sehingga pesertanya ini ada dokter, perawat dari berbagai rumah sakit di Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan stroke seringkali baru terdeteksi saat sudah parah dan mendadak. Di sisi lain, Indonesia yang belum maksimal terkait skrining gangguan neurovaskuler. Melalui deteksi dini sebenarnya bisa dilakukan penanganan agar tidak megara ke stroke. "Karena kalau sudah terkena stroke, morbiditasnya dan mortalitasnya tinggi, ada cacat dan sebagainya," kata dokter spesialis bedah saraf ini.

Orang memiliki gejala seperti stroke harus segera dibawa ke rumah sakit. Karena ada dua jenis stroke seperti pendarahan dan penyumbatan dengan penanganan terapi yang berbeda. Khususnya pendarahan harus diantisipasi karena tercatat paling memiliki risiko kematian.

"Di sisi lain perlu diatur gaya seperti mengurangi obesitas, jangan merokok, harus banyak gerak, makan buah dan vitamin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa di Bandung Menyebabkan Sejumlah Kerusakan, Berikut Sejumlah Video yang Tersebar di Medsos

News
| Rabu, 18 September 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement