Advertisement

Alumni Bisa Berperan Cegah Perundungan di Kampus

Sunartono
Sabtu, 14 September 2024 - 23:37 WIB
Sunartono
Alumni Bisa Berperan Cegah Perundungan di Kampus Pelantikan Oky Sugarbo sebagai Ketua Ikageo Terpilih periode 2024-2026 dalam Mubes di Jogja, Sabtu (14/9/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Alumni memiliki peran penting dalam upaya mencegah terjadinya perundungan antara mahasiswa senior kepada junior di kampus. Alumni bisa mengambil peran dalam menjembatani antara mahasiswa dengan kampus.

Ketua Terpilih Periode 2024-2026 Ikatan Alumni Geologi (Ikageo) ITNY Oky Sugarbo merespons adanya bullying antara senior kepada junior terjadi di beberapa kampus dan menjadi isu hangat secara nasional akhir-akhir ini. Menurutnya ikatan alumni memiliki peran penting, khususnya memberikan pemahaman kepada mahasiswa senior. Di mana perungungan atau ajang balas dendam tersebut sudah zamannya lagi dan harus dihilangkan.

Advertisement

BACA JUGA : Cegah Bullying, Universitas Korea Kurangi Poin untuk Calon Mahasiswa yang Pernah Terlibat Kekerasan saat Sekolah

"Karena kita sedang berada di era yang serba teknologi, terkait perundungan ini akan kami coba rangkul yang senior atau pihka yang berpotensi melakukan bullying ini diberi penjelasan. Di sinilah alumni berperan menjembatani mengurangi perundungan," katanya kepada wartawan di sela-sela pelaksanaan Musyawarah Besar Ikageo, Sabtu (14/9/2024).

Ia menuturkan kadang perundungan sering dijadikan sebai tradisi. Menghilang tradisi tersebut memang agak susah, meski demikian upaya untuk mencegah harus lakukan. Apalagi di era teknolog saat ini kabar perundungan bisa cepat viral. Hal itu bisa menjadi bumerang bagi kampus.

"Itu coba diberikan penjelasan keada senior-senior, bahwa ketika terjadi perundungan dan viral kampus bisa merugi. Selain ini akan kami coba wadahi tempat sharing antara alumni, mahasiswa dengan melibatkan kampus, Bertukar pikiran, pendapat untuk mencegah bullying," katanya.

Pihaknya akan berusaha mensinergikan antara alumi kampus dan mahasiswa. Berkaitan juga dengan isu terbaru, seperti soal akademik hingga perpeloncoan. Status alumni akan menjadi jembatan khususnya berkaitan dengan isu negatif sehingga mahasiswa akan merasa terbantu dengan adanya alumni.

BACA JUGA : Kampus Harus Ramah Penyandang Disabilitas dan Perempuan Korban Kekerasan

"Berangkat dari itu kami meyakini menjadikan ikatan alumni semakin kuat kaderisasi dan regenerasi berjalan dengan baik," katanya. Oky Sugarbo yang merupakan dosen Teknik Geologi ITNY terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Ikageo. Adapun satu calon lainnya mengundurkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seleksi Calon Pimpinan KPK Berlangsung Ketat

News
| Rabu, 18 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement