Advertisement

Kelurahan Gunungketur Jogja Giatkan Sapa Anak Kos

Lugas Subarkah
Selasa, 17 September 2024 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Kelurahan Gunungketur Jogja Giatkan Sapa Anak Kos Tim Sapa Anak Kos Kelurahan Gunungketur saat menyambangi salah satu indekos di wilayah Gunungketur, beberapa waktu lalu. - Istimewa - Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kelurahan Gunungketur, Kemantren Pakualaman, Kota Jogja, menggiatkan program Sapa Anak Kos.

Program ini bertujuan untuk menjaga keamanan, keteraturan dan kenyamanan di wilayah dengan melibatkan perangkat kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua RW dan Ketua RT.

Advertisement

Lurah Gunungketur, Sunarni, menjelaskan dalam kegiatan ini seluruh unsur tersebut ikut terjun langsung menyisir tiap indekos di wilayah Gunungketur. "Kami melaksanakan Sapa Anak Kos rutin setiap Jumat pagi," ujarnya saat ditemui, Selasa (17/9/2024).

Sunarni mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pendataan dan memverifikasi penghuni indekos yang ada di wilayah. "Ini menunjukkan komitmen kami dalam menjaga akurasi data dan keteraturan penduduk, khususnya di kalangan penghuni indekos," katanya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengecekan izin penyelenggaraan indekos, pengecekan apakah sudah memasang pengumuman tentang tata tertib di indekos, serta pengecekan kebersihan lingkungan. "Kami mengecek apakah indekos ini sudah memilah sampah atau belum," katanya.

Ia tidak memungkiri masih belum semua indekos di Kelurahan Gunungketur yang memiliki izin serta dan memasang papan tata tertib. Untuk itu, dia akan terus menggalakkan program Sapa Anak Kos dan melakukan berbagai sosialisasi agar para pemilik usaha indekos semakin disiplin dalam mengelola tempat usahanya.

BACA JUGA: Ini Daftar Negara dengan Jam Kerja Terlama

Sapa Anak Kos tidak hanya menyasar kepada pemilik indekos saja, namun juga para penghuni. Petugas memberikan berbagai edukasi, seperti Peraturan Wali Kota No. 49/2022 tentang Jam Malam Anak.

“Kami meminta agar penghuni indekos ikut berbaur dengan masyarakat sekitar dalam berbagai kegiatan. Kami juga meminta agar mereka ikut terlibat dalam menjaga kondusivitas Kota Jogja, terutama di wilayah Gunungketur,” katanya.

Salah satu pemilik indekos di Kelurahan Gunungketur, Wiwik, mengaku baru memasang papan tata tertib beberapa waktu lalu. “Untuk pengolahan sampah, saya sudah menyiapkan tempat sampah terpisah untuk menampung sampah organik dan anorganik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menag Yaqut ke Arab Saudi, Bahas Persiapan Haji 2025

News
| Kamis, 19 September 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement