Advertisement

AFJ Akan Gelar Festival Mini untuk Suarakan Kesejahteraan Ayam Petelur

Lugas Subarkah
Kamis, 19 September 2024 - 12:57 WIB
Ujang Hasanudin
AFJ Akan Gelar Festival Mini untuk Suarakan Kesejahteraan Ayam Petelur Poster AFJ F.A.I.R 2 dan pelaksanaan AFJ F.A.I.R 2023. - ist AFJ

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Animal Friends Jogja (AFJ) kembali menghadirkan AFJ F.A.I.R #2 (Farmed Animals Initiative Response) di Dagadu Yogyatourium, Jalan Gedongkuning Selatan No. 128 Jogja, Sabtu (21/9/2024). Festival ini akan menyuarakan kesejahteraan ayam petelur.

Acara ini merupakan lanjutan dari suksesnya kegiatan serupa yang pernah diadakan di tahun 2023. Masih dengan semangat yang sama, AFJ F.A.I.R #2 menjadi event tahunan yang diadakan oleh AFJ untuk menyuarakan kesejahteraan ayam petelur melalui sistem bebas sangkar dengan menghadirkan roundtable discussion perusahaan, talkshow, bazaar dari restoran yang telah berkomitmen bebas sangkar (cage-free)serta restoran vegan, usaha-usaha yang berkelanjutan bagi lingkungan, acara hiburan termasuk penampilan musik dari musisi-musisi ternama di Indonesia.

Advertisement

Corporate Accountability Specialist for Farmed Animals Advocacy AFJ, Julian Lilo, menjelaskan festival mini ini akan memperkenalkan pelaku usaha dan peternak yang sudah berkomitmen beralih menggunakan dan/atau memproduksi telur bebas sangkar, mempertemukan mereka dengan perusahaan dan peternak yang belum beralih menggunakan atau memproduksi telur bebas sangkar dan sekaligus penjangkauan publik.

“Acara ini menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta mendukung perubahan sistem peternakan yang lebih memperhatikan kesejahteraan hewan,” ujarnya, Kamis (19/9/2024).

BACA JUGA: Peringatan Hari Ibu, AFJ Suarakan Kesejahteraan Ayam Petelur

Roundtable Discussion yang spesifik ditujukan bagi perusahaan dan atau pemilik usaha di bidang makanan yang sudah berkomitmen bebas sangkar maupun yang sedang berencana untuk bertransisi ke bebas sangkar akan membahas ‘Trend Cage-Free Dalam Inisiatif Berkelanjutan Bagi Perusahaan’.

Selain itu, ada juga talkshow yang terbuka untuk umum dengan tajuk ‘Bikin Ayam Petelur Lebih Sejahtera? Kita Semua Bisa Ikutan!’ yang akan menghadirkan pembicara yaitu pemilik usaha yang telah berkomitmen bebas sangkar dan peternak yang telah menerapkan sistem bebas sangkar, pemerintah, akademisi, perwakilan Lembaga Konsumen, serta organisasi terkait.

Dua acara diskusi lintas sektoral ini menjadi kegiatan penting dalam rangkaian acara AFJ F.A.I.R #2 karena diharapkan bisa menjadi ruang berbagi pengalaman dan pengetahuan antar sektor sekaligus dapat memberikan insight baru, tidak hanya bagi peserta diskusi, namun juga kepada AFJ dalam gerakannya.

Di AFJ F.A.I.R #2 pengunjung akan menemukan bazaar yang menampilkan stand produk unggulan dari perusahaan dan pelaku bisnis yang sudah berkomitmen menggunakan telur cage-free, produk olahan berbahan nabati serta stand usaha-usaha yang berkelanjutan bagi lingkungan. Tak hanya itu terdapat pula hiburan dari Komunitas Stand-Up Indo Jogja, teater The Freak Show serta penampilan musik oleh Iksan Skuter, Olski, Rabu, Jono Terbakar, dan More and Mumbles.

AFJ F.A.I.R #2 juga menghadirkan wahana kandang baterai yang memungkinkan pengunjung merasakan langsung pengalaman terkurung dalam kandang seperti ayam petelur yang hidup di kandang baterai, selain itu ada juga pameran visual terkait gerakan Cage-Free Indonesia, dan banyak doorprize menarik yang akan dibagikan nanti di acara.

“Isu kesejahteraan ayam petelur masih dianggap tabu di Indonesia. Namun, respons positif masyarakat menunjukkan adanya permintaan terhadap produk yang lebih memperhatikan kesejahteraan hewan” terang Lilo.

AFJ F.A.I.R #2 menjadi langkah AFJ untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung kesejahteraan ayam petelur, mulai dari pebisnis, peternak, akademisi, pemerintah, hingga konsumen. “AFJ F.A.I.R #2 mengajak masyarakat untuk terlibat dalam gerakan yang peduli pada kesejahteraan ayam petelur.” lanjut Lilo.

AFJ telah menyuarakan isu kesejahteraan satwa, khususnya satwa yang diternakkan, termasuk ayam petelur sejak tahun 2016. Diharapkan, acara ini dapat menjadi media penyadartahuan dan edukasi yang menarik bagi berbagai pihak, termasuk tentunya masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,3 Guncang Kota Padang Sidempuan

News
| Jum'at, 20 September 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement