Advertisement

Warga Pugeran Diajak Tingkatkan Minat Baca Lewat Bedah Buku Inisiasi DPAD DIY

Media Digital
Kamis, 19 September 2024 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Warga Pugeran Diajak Tingkatkan Minat Baca Lewat Bedah Buku Inisiasi DPAD DIY Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai (berdiri), menyampaikan materi dalam bedah buku yang diselenggarakan di Pugeran, Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Kamis (19/9/2024). - dok - DPAD DIY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY terus berupaya mendongkrak minat baca masyarakat DIY salah satunya melalui program bedah buku. Diselenggarakan di ratusan titik wilayah DIY, bedah buku disambut antusias masyarakat yang peduli akan budaya baca dan literasi. 

Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai menuturkan kegiatan bedah buku ingin menjaga minat baca masyarakat yang tergolong tinggi di DIY. Meski telah bertengger di urutan teratas tingkat kegemaran membaca nasional pada 2022 dan 2023, Anton menilai kegiatan bedah buku semacam ini penting untuk menjaga minat baca masyarakat tetap tinggi.

Advertisement

"Kita ingin supaya minat baca masyarakat itu juga tetap tinggi," kata Anton pada Kamis (19/9/2024).

Secara umum Anton juga menilai masyarakat DIY sudah memperhatikan soal aspek literasi dan baca. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya akses pada bahan bacaan pada pojok baca hingga ada angkringan yang menyediakan buku. "Masyarakat di DIY aware tentang literasi," tandasnya.

Namun Anton tetap mendorong dibangunnya pojok-pojok baca di tiap rumah. Tak harus mewah, pojok buku sederhana bisa menjadi sarana mengenalkan anak pada budaya baca dan literasi. Selain itu ruang pojok baca ini tak hanya melulu mengandalkan bahan bacaan cetak, namun bisa menggunakan bahan bacaan digital yang tersedia di DPAD DIY.

BACA JUGA: BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

"Jadi kita ingin supaya ibu-ibu dan bapak-bapak memberi contoh untuk lebih gemar membaca," imbuhnya.

Di Pugeran, Maguwoharjo, Depok, masyarakat diajak membedah buku berjudul "Buku Pintar Kesehatan Anak." Buku ini juga membagi tips terkait kesehatan anak, mulai dari mengenali gangguan kesehatan anak, hingga mengoptimalkan kesehatan fisik dan mental anak. Harapan Anton buku ini bisa menjadi pegangan atau handbook bagi para orang tua untuk menjaga kesehatan anak bahkan sejak dalam kandungan.

"Kita ingin masyarakat lebih memahami tentang kesehatan anak," tegasnya.

Pustakawan Ahli Madya DPAD DIY, Mohamad Hadi Pranoto menambahkan agenda bedah buku ini diselenggarakan atas kerja sama DPAD DIY yang didukung oleh DPRD DIY. Program yang bertujuan mengerek minat baca masyarakat ini digelar di ratusan titik di seluruh DIY.

"Terselenggaranha bedah buku yang tahun ini ada 222 titik se-DIY, di mana bedah buku ini atas kerja sama dari DPAD DIY yang didikung DPRD DIY," tegasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkeu Terbitkan PMK Perpanjangan Insentif Pajak Pembelian Rumah

News
| Jum'at, 20 September 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement