Advertisement

H-2 Kampanye Pilkada 2024, PJs Bupati Bantul Masih Belum Jelas

Jumali
Senin, 23 September 2024 - 16:17 WIB
Sunartono
H-2 Kampanye Pilkada 2024, PJs Bupati Bantul Masih Belum Jelas Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul sampai saat ini masih menunggu terkait sosok Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo telah disetujui pengajuan cuti karena mengikuti kampanye Pilkada Bantul, namun sampai Senin (23/9/2024) belum ada kejelasan siapa yang akan jadi Pjs Bupati Bantul.

Advertisement

"Sampai saat ini kami masih menunggu. Tadi saya juga sempat komunikasi dengan Pemda DIY, juga belum ada kejelasan. Karena dari kemendagri SK nya belum terbit," kata  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul Hermawan Setiaji di Kantor KPU Bantul, Senin (23/9/2024).

BACA JUGA : Pilkada Bantul, Pengundian Nomor Urut Jadi Ajang Kreativitas Pasangan Calon

Tapi jika mengacu SE Kemendagri, kata Hermawan, maka mengamanatkan H-1 sebelum kampanye itu sudah dikukuhkan. Artinya, Selasa (24/9/2024) PJs harusnya sudah dikukuhkan. "Tapi tadi saya kontak dengan Pemda katanya masih akan menunggu sampai besok sore," kata Hermawan.

Menurut Hermawan jika sampai Selasa sore, belum ada SK PJs, maka akan ada Plh Bupati. Meskipun lama menjabat dri Plh itu hanya beberapa jam. "Kan enggak boleh ada kekosongan," imbuhnya.

Sebelumnya, calon bupati Bantul yang juga bupati petahana Abdul Halim Muslih mengaku telah mengajukan cuti di luar tanggungan negara ke Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pengajuan cuti dilakukan karena sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 yang menyatakan jika, bakal calon kepala daerah yang maju pada Pilkada harus mengambil cuti di luar tanggungan negara pada saat memasuki masa kampanye mulai 25 September hingga 23 November 2024.

"Saya sudah mengajukan, bahkan izin dari Gubernur juga sudah turun," kata Halim.

Bahkan, Halim yang berpasangan dengan Aris Suharyanta pada Pilkada Bantul 2024 tersebut menyatakan jika mulai 25 September 2024, dirinya akan kembali ke kediaman pribadinya.

BACA JUGA : Sah! 3 Paslon Peserta Pilkada Bantul Ditetapkan KPU, Pengundian Nomor Urut Digelar Besok

"Mulai tanggal 25 September saya akan kembali ke rumah, di RT.04, Singosaren, Wukirsari, Imogiri, Bantul bersama keluarga. Dengan membawa barang-barang pribadi yang saya gunakan," katanya.

"Setelah cuti selesai saya kembali ke rumah dinas mungkin setelah Pilkada, setelah hari pencoblosan," tandas Halim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Siapkan Aplikasi Layanan Terpadu untuk 40 Ribu Pengguna

News
| Senin, 23 September 2024, 18:02 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement