Advertisement

Pakar: Kebijakan Pangan di Indonesia Dipengaruhi Keputusan Politik

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 23 September 2024 - 19:37 WIB
Sunartono
Pakar: Kebijakan Pangan di Indonesia Dipengaruhi Keputusan Politik Ilustrasi beras impor - ist - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Profesor Gunawan Budiyanto menilai kebijakan pangan di Indonesia banyak dipengaruhi oleh keputusan politik. Hal itu dinilai berpengaruh pada ketahanan pangan di dalam negeri. 

“Selama ini petani masih kurang dibimbing untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan maksimal. Namun, yang terjadi saat ini pangan di Indonesia banyak dipengaruhi oleh keputusan politik, sehingga kebijakannya selalu berkaitan dengan impor. Kegiatan impor ini tentu saja hanya menguntungkan beberapa pihak saja,” kata Gunawan di Sportorium UMY pada Senin (23/9/2024). 

Advertisement

BACA JUGA : Mulai Bulan Depan, 500 Anak SD dan TK Sekitar UMY Jadi Sasaran Uji Coba Makan Siang Gratis

Kebijakan impor dan ekspor pangan di Indonesia memberikan pengaruh yang signifikan pada ketahanan pangan. Hal itu antara lain berpengaruh dalam aspek ketersediaan pangan, akses pangan, dan pemanfaatan pangan. 

Menurutnya, selama ini pembinaan yang diberikan kepada petani masih terbatas. Pemerintah perlu memberikan wadah yang tepat agar petani di Indonesia mampu meningkatkan kualitasnya. 

Gunawan menuturkan, menilik balik pada kejadian pada tahun 1998 dan saat pandemi Covid-19, menurutnya petani di Indonesia memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik. Hal tersebut terlihat dari upaya perubahan sistem ekonomi yang dilakukan petani menjadi barter di beberapa wilayah dalam masa tersebut. Akan tetapi, menurutnya, saat ini ada banyak kebijakan politik yang turut campur tangan terhadap kebijakan pangan di dalam negeri.

Pemerintah perlu melakukan pembentukan kelompok tani dan Koperasi Unit Desa (KUD) seperti pada saat orde baru. Menurutnya, KUD pada saat saat orde baru mampu memerdekakan petani secara ekonomi, sehingga para petani dapat merancang proses budidaya tanaman yang ingin dilakukan. Hal itu menurutnya akan mendukung ketahanan pangan dalam negeri. 

BACA JUGA : Dosen UMY Beri Pelatihan Pembelajaran Efektif Al Islam Kemuhammadiyahan Berwawasan Kebangsaan Kepada Sivitas Akademika

Dosen Program Studi Agribisnis UMY, Oki Wijaya menilai impor dan ekspor produk pangan memberikan manfaat. Meski begitu, dampak kebijakan impor dan ekspor dengan ketahanan pangan dalam negeri perlu dikaji lebih lanjut. 

“Hal ini agar impor yang dilakukan tidak menimbulkan excess supply (situasi dimana jumlah barang yang ditawarkan lebih besar dari jumlah permintaan). Sebab ini akan berdampak pada jatuhnya harga pangan di bawah harga pasar sehingga dapat merugikan petani sebagai produsen,” katanya. 

Terkait impor beras, Oki menilai pemerintah Indonesia belum melaksanakan impor sebagaimana mestinya. Hal tersebut menurutnya terlihat dengan adanya kelebihan cadangan pangan yang pernah terjadi yang justru menyebabkan kelebihan biaya penyimpanan yang ditanggung Bulog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sri Mulyani: Pendapatan Negara Terkumpul Rp1.777 Triliun Per Agustus 2024

News
| Senin, 23 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner, Berikut Ini Jajanan dari Semarang yang Wajib Dicoba Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 20 September 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement