Advertisement

Rencana Embarkasi Kulonprogo Kian Dimatangkan, 4 Hotel Sekitar YIA Siap Jadi Asrama Haji

Triyo Handoko
Selasa, 24 September 2024 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Rencana Embarkasi Kulonprogo Kian Dimatangkan, 4 Hotel Sekitar YIA Siap Jadi Asrama Haji Jemaah haji / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rencana pembangunan embarkasi haji di Bumi Binangun terus dimatangkan, salah satunya terkait dengan akomodasi. Sejauh ini ada empat hotel di sekitar Bandara YIA yang sudah bersediamenjadi asrama haji. Draf rencana pembangunan embarkasi haji ini juga sudah rampung disusun Pemkab Kulonprogo.

Sekda Kulonprogo, Triyono menjelaskan bahwa draf rencana pembangunan embarkasi itu akan segera diserahkan ke Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Setelah diterima, draf itu akan dikirim ke Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Advertisement

Triyono menerangkan kesediaan empat hotel di Kapanewon Temon itu disampaikan setelah Pemkab Kulonprogo menggelar tiga kali rapat dengan para manajer hotel tersebut. "Mereka mendukung sepenuhnya rencana ini, kami mengapresiasi komitmen para manajer hotel ini karena mendukung berbagai program pembangunan di Kulonprogo," paparnya.

Kesediaan empat hotel jadi asrama haji untuk melengkapi pembangunan embarkasi haji itu, jelas Triyono, tak akan membuat biaya yang dikeluarkan oleh jemaah haji bertambah. "Harganya tetap sama, yaitu sekitar Rp100 ribuan per malam, biayanya sama seperti di asrama haji pada umumnya," ujar dia.

BACA JUGA: 13 Bandara Disiapkan Jadi Embarkasi dan Debarkasi Haji

Penggunaan hotel sebagai asrama haji ini, jelas Triyono, akan jadi daya tawar tersendiri untuk mensukseskan rencana pembangunan embarkasi. Pasalnya dibanding asrama haji konvensional, penggunaan hotel ini akan menyediakan fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman.

Berbagai organisasi perangkat daerah di Pemkab Kulonprogo, menurut Triyono, juga kompak mensukseskan rencana pembangunan tersebut. "Semuanya kompak karena ini kesempatan bagus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kulonprogo, semuanya saling berkontribusi untuk program tersebut," kata dia.

Rencana pembangunan embarkasi haji ini sejalan dan strategis lantaran Bandara YIA jadi satu-satunya bandara dengan status internasional di Jawa Tengah. "Peluang ini besar sekali untuk meningkatkan perekonomian yang harapannya sejalan dengan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat Kulonprogo," ujar dia.

Sebelumnya Penjabat Bupati Kulonprogo, Srie Nurkyatsiwi menyebut embarkasi haji di wilayahnya itu kelak akan menampung jemaah dari berbagai daerah.

Koordinasi dengan Pemda DIY juga intens dibangun Pemkab Kulonprogo untuk mensukseskan program tersebut.

Siwi menilai dengan hadirnya embarkasi haji ini selain memudahkan jemaah asal Bumi Binangun juga akan menguatkan kehadiran Bandara YIA untuk menyejahterakan masyarakat Kulonprogo. "Teknis pembangunannya nanti akan dibahas bersama, terpenting mendapat izin dari Kemenag RI dulu," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Merapat ke Koalisi Prabowo? Puan: Tak Ada yang Tak Mungkin

News
| Selasa, 24 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement