Advertisement

Kebakaran di Gunungkidul, Lima Bangunan Seluas 200 Meter Persegi di Dekat Alun-Alun Ludes

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 28 September 2024 - 13:47 WIB
Maya Herawati
Kebakaran di Gunungkidul, Lima Bangunan Seluas 200 Meter Persegi di Dekat Alun-Alun Ludes Warga di sekitar Padukuhan Madusari sedang mengerumuni rumah milik Subariyanto yang terbakar di Kalurahan Kepek, Wonosari, Gunungkidul, Sabtu, (28/9/2024). - Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Lima bangunan dengan total luas sekitar 200 meter persegi terbakar habis di Padukuhan Madusari, Kalurahan Kepek, Wonosari, Gunungkidul, Sabtu, (28/9/2024). Lokasi kebakaran yang hanya berjarak 400 meter dari Alun-alun Wonosari ini diduga akibat korsleting.

Pemilik rumah, Subariyanto, 65, menjelaskan kebakaran yang menimpa rumah limasan miliknya terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Dia yang sedang duduk di depan rumahnya tidak menyadari ada asap keluar dari kamar sisi utara.

Advertisement

Temannya yang melihat asap itu berteriak dan Subariyanto kemudian masuk ke dalam rumah. Di dalam, api sudah besar dan cepat merembet lantaran angin dari arah utara kencang.

“Kamar itu kan tidak dipakai. Isinya tumpukan kasur saja dan ada jaringan listrik di dalam. Kemungkinan ya korsleting,” kata Subariyanto ditemui di tempat kejadian, Sabtu.

Menurut dia, kebakaran tersebut menghancurkan tiga bangunan, yaitu rumah Subariyanto seluas sekitar 130 meter persegi, toko fotokopi, warung, dan warung ikan segar milik adik iparnya. Proses pemadaman selesai sekitar pukul 11.00 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa terhadap keluarganya. Subariyanto tinggal sendiri di rumah. Adapun anaknya tidak tinggal bersama dia dan istrinya telah lama meninggal.

BACA JUGA: 75 Juta Gen Z Indonesia Bisa Kesulitan Keuangan Gegara Tren YOLO dan FOMO

Kasubag Tata Usaha UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Ngadiyono mengatakan kebakaran tersebut terjadi pada pukul 09.10 WIB, tepat di RT 009, RW 003, Padukuhan Madusari.

Menurut keterangan penyewa dan pekerja kios, kata Ngadiyono api muncul di sebelah tempat pembersihan ikan. Salah satu pekerja kiso bernama Vendi kemudian mengambil satu ember berisi air untuk memadamkan api tersebut. Sebab api sudah besar, air tersebut tidak mampu memadamkannya.

Api lantar menyebar dan membesar. Pemadam Kebakaran yang datang bersama unsur-unsur terkait lantas memadamkan api tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Bangunan yang terbakar itu ada kios fotokopi, kios ikan, kios rental komputer, dan kios toko hijab. Juga rumah hunian dan isinya,” kata Ngadiyono.

Terangnya, kebakaran tersebut menyebabkan kerugian material hingga Rp300 juta. Saat ini, BPBD dan unsur terkait sedang menyelidiki penyebab kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pj Gubernur Jateng Lepas Kirab Obor Peparnas di Api Abadi Mrapen

News
| Sabtu, 28 September 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement