Advertisement

Pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA di Sleman Kian Masif, Begini Tahapan Pengerjaannya

Catur Dwi Janati
Minggu, 29 September 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA di Sleman Kian Masif, Begini Tahapan Pengerjaannya Suasana pekerja proyek melakukan penutupan bekas separator yang dibongkar di area ring road Trihanggo. - Istimewa/PT Adhi Karya 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA di Sleman terus menunjukkan progres yang masif di akhir September. 

Humas Proyek Tol Jogja Solo Seksi 2 Paket 2.2 PT Adhi Karya, Agung Murhandjanto mengungkapkan saat ini pengaspalan di area bekas separator Ring Road telah rampung dikerjakan.

Advertisement

Sebelumnya, separator pemisah lajur lambat dan lajur cepat di jalan Ring Road area Kronggahan dibongkar. Seusai dibongkar, bekas separator yang meninggalkan lubang dicor dengan metode lean concrete (LC) untuk selanjutnya ditambal dengan aspal agar sejajar dengan jalan yang ada saat ini. 

"Baru selesai pengaspalan, patching (penambalan) selesai. Kemarin setelah di LC kemudian ditambal yang kanan kiri itu yang bekas separator itu. Sudah selesai, sisi barat timur dan utara selatan," kata Agung, Minggu (29/9/2024).

Kini pasca pengaspalan rampung, Oktober nanti alat berat dijadwalkan mulai masuk ke tengah ring road. Sebagai gambaran, jalan tol di area ring road Trihanggo akan dibangun secara elevated atau melayang. Ruas Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman yang akan dibangun melayang mulai dari barat UTY hingga tikungan ring road Kronggahan.

Karena dibangun melayang, tidak hanya separator pemisah lajur cepat dan lambat yang dibongkar. Nantinya separator yang ada di tengah Ring Road pemisah jalur ke arah barat dan timur pun akan dibongkar.

BACA JUGA: Ganti Rugi Tol Jogja-Solo-YIA, Warga Nogotirto dan Sidomulyo Diundang Musyawarah Pekan Ini

"Nanti kami akan ke tengah [ring road] kemarin kan sudah forum lalu lintas, nanti awal Oktober mungkin persiapan mendatangkan crane dan untuk memindahi beton barrier sama PPDU kami mobilisasi alat, sama kami membongkar separator yang tengah," tegasnya. 

Pembongkaran separator Ring Road akan mulai dilakukan Oktober. Urutannya, separator di tengah Ring Road di bongkar, lalu barrier beton dan Pagar Proyek Daur Ulang (PPDU) dipasang berbarengan dengan masuknya dengan sejumlah alat berat.  "Dilepas dulu [separatornya] terus nanti beton barrier masuk pakai crane diangkat dan ditata," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kiai Tebuireng: Warga NU Harus Merawat Semangat Juang Hasyim Asy'ari

News
| Minggu, 29 September 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement