Advertisement

Pengajuan Keberatan Diterima, 142 Pendaftar di Sleman Bisa Mengikuti Tes CPNS 2024

David Kurniawan
Minggu, 29 September 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Pengajuan Keberatan Diterima, 142 Pendaftar di Sleman Bisa Mengikuti Tes CPNS 2024 Ilustrasi peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). - JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Kepegawiaan Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman mengabulkan keberatan yang diajukan 142 pendaftar dalam seleksi administrasi CPNS 2024. Dengan begitu, maka jumlah peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) bertambah.

Kepala BKPP Sleman mengatakan, pada saat pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS ada ratusan peserta yang dinyatakan tidak lolos. Pasalnya, dari jumlah peserta sebanyak 6.328 orang yang dinyatakan lolos hanya 5.424 pendaftar. “Sebenarnya yang lolos administrasi, ada 5.433 pendaftar, tetapi karena ada verifiaksi ulang ada yang tidak lolos sembilan sehingga jumlahnya hanya 5.424 pendaftar,” kata Pramono, Minggu (29/9/2024).

Advertisement

Meski demikian, dia mengakui ada kesempatan mengajukan keberatan melalui masa sanggah pasca-pengumuman CPNS yang lolos seleksi administrasi. Adapun hasilnya, ada 470 pendaftar yang mengajukan sanggahan karena merasa telah memenuhi persyaratan sehingga dapat mengikuti SKD.

“Sudah kami teliti ulang dan diputuskan menerima keberatan dari 142 pendaftar. Adapun keberatan dari 328 pendaftaran ditolak sehingga tetap dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi,” katanya.

Pramono mengakui dengan diterimanya sanggahan dari 142 pelamar, maka jumlah peserta SKD dipastikan bertambah menjadi 5.566 pendaftar. “Untuk pelaksanaan SKD, kami menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Disinggung mengenai alasan menerima keberatan dari ratusan pendaftar CPNS di masa sanggah, ia mengakui bahwa saat penelitian berkas karena adanya keraguan verifikator terkait dengan perguruan tinggi pelamar. Setelah diajukan keberatan, maka dilakukan konfirmasi ke Badan Kepegawaian Negara yang memperbolehkan sehingga dinyatakan lolos administrasi.

“Tidak semua yang mengajukan sanggahan diterima, karena juga banyak yang ditolak sehingga tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya,” katanya.

BACA JUGA: Ratusan Pendaftar Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS Gunungkidul

Sekretaris Daerah Sleman, Susmiarto mengatakan, tahun ini ada rekrutmen CPNS sebanyak 147 formasi. Jumlah itu terdiri dari kuota lulusan terbaik sebanyak lima formasi, kuota disabilitas tiga formasi dan sisanya formasi umum sebanyak 139 formasi.

Untuk rekrutmen CPNS tahun ini sudah ada tahapannya mulai dari pengumuman, pendaftaran, pelaksanaan tes hingga penerimaan hingga pengangkatan. Bagi yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi berhak mengikuti seleksi komptensi dasar di rentang waktu 16 Oktober-14 November 2024.

Selain itu, peserta rekrutmen juga wajib mengikuti seleksi kompetensi bidang yang akan diselenggarakan pada 9-20 Desember 2024. “Rencananya pengumuman hasil CPNS diumumkan antara rentang waktu 5-12 Januari 2025,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Buru Penyebar Video Pembubaran Diskusi Refly Harun

News
| Minggu, 29 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement