Advertisement

GL Zoo Kedatangan 2 Ekor Gajah Sumatra dari Pekalongan, Begini Kondisinya

Yosef Leon
Senin, 30 September 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
GL Zoo Kedatangan 2 Ekor Gajah Sumatra dari Pekalongan, Begini Kondisinya Dua ekor gajah Sumatra (Elephas maximus) dari Linggo Asri Pekalongan, Jawa Tengah berada di kandang isolasi GL Zoo, Senin (30/9/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gembira Loka (GL) Zoo kedatangan dua ekor gajah Sumatra (Elephas maximus) dari Linggo Asri Pekalongan, Jawa Tengah. Sepasang gajah bernama Deo (jantan, 30 tahun) dan Sinta (betina, 40 tahun) itu nantinya menjalani titip rawat di GL Zoo selama enam bulan. 

Direktur Utama GL Zoo, KMT A Tirtodiprojo mengatakan gajah itu ia atas permintaan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. 

Advertisement

"Itu atas laporan masyarakat yang melihat bahwa gajah di sana tidak dipelihara dengan optimal dan yang di Linggo Asri juga belum mengantongi izin pemeliharaan gajah," kata pria yang biasa dipanggil Joko itu, Senin (30/9/2024). 

Dijelaskan, GL Zoo akhirnya dipercaya merawat gajah itu lantaran punya fasilitas, sarana prasarana dan perawat gajah yang mumpuni. Dengan tambahan dua ekor gajah itu kini kebun binatang terbesar di DIY Jateng itu total punya 14 ekor gajah. 

"Sekarang dua ekor gajah itu masih di kandang khusus. Sebelum dilepas akan diperiksa kesehatannya dan dimandikan, semoga bisa baik dan dikembalikan lagi," kata Joko. 

Deo dan Sinta nantinya beradaptasi dulu di kandang isolasi. Waktunya tergantung dari kesiapan gajah tersebut sebelum dilepaskan bersama gajah koleksi GL Zoo lainnya untuk ditampilkan kepada para pengunjung. "Karena gajah ini karakteristiknya hewan yang berkelompok sehingga pasti akan digabung bersama koleksi gajah kami yang lain," ujarnya. 

Joko menambahkan, selama proses titip rawat itu biaya perawatan gajah akan ditanggung oleh Pemkab Pekalongan dalam hal ini Dinas Pariwisata setempat. Biaya akan dibayar setelah proses titip rawat berjalan selama sebulan. "Kurang lebih memakan biaya Rp10 juta per ekor gajah per bulan meliputi biaya pakan, perawatan, vitamin dan sebagainya," kata dia. 

BACA JUGA: Warga Diminta Tidak Takut Menyerahkan Satwa Dilindungi

Koordinator perawat gajah GL Zoo, Rohman Bagus Sejati mengaku menjemput dua ekor gajah itu pada Minggu (29/9/2024). Pihaknya sempat ragu melihat truk pengangkut gajah itu lantaran dianggap tidak sesuai dengan standar yang berlaku.

"Namun setelah gajah naik, kami coba berkendara beberapa meter ternyata gajah nyaman dan perjalanan kami lanjutkan. Sampai jam 12.30 dini hari tadi di Jogja dengan kondisi selamat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Rahasia Keselamatan Berkendara Ala Anak Muda di Seminar AHM Slow Down, Life Up

News
| Senin, 30 September 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement