Advertisement

Tunggu Izin Kraton Jogja, Gumuk Pasir Parangtritis Segera Dipasang Patok

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 30 September 2024 - 16:17 WIB
Sunartono
Tunggu Izin Kraton Jogja, Gumuk Pasir Parangtritis Segera Dipasang Patok Gumuk pasir di Pantai Parangtritis. - IST/Humas Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul masih menunggu perizinan dari Kraton Jogja untuk pemasangan patok di Kawasan Gumuk Pasir Parangtritis. Pematokan tersebut diperkirakan memerlukan anggaran hingga ratusan juta. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Bambang Purwadi Nugroho masih mematangkan perencanaan desain dan lokasi pemasangan patok di zona inti kawasan tersebut. Meski tidak memaparkan secara rigid desain yang tengah dirancang tersebut, namun memberikan gambaran setidaknya akan dipasang 50 patok di Gumuk Pasir. 

Advertisement

BACA JUGA : Symphony Gumuk Pasir Digelar di Laguna View, Bilal Indrajaya Pukau Penonton

“Nanti ada 25 patok dari Dana Keistimewaan [Danais] perubahan 1, dan 25 patok dari Danais perubahan 2,” ujarnya, Senin (30/9/2024). 

Anggaran yang diperlukan untuk pemasangan patok mencapai Rp210 juta. Anggaran tersebut terdiri dari Rp180 juta untuk pengadaan patok, Rp30 juta sosialisasi rencana pemasangan patok dan jasa konsultasi. Ketika rencana pemasangan patok tersebut telah rampung disusun. Pihaknya akan mengajukan rencana tersebut ke Kraton Jogja. Setelah itu disetujui, pihaknya baru akan melakukan lelang untuk penyedia jasanya. 

“Nanti setelah desain disetujui Kraton [Jogja], segera dilakukan pemilihan penyedianya,” katanya. 

Bambang mengaku telah menyampaikan sosialisasi rencana pemasangan patok kepada pelaku wisata di Kawasan Gumuk Pasir Parangtritis pada Kamis (26/9/2024). Dari situ, pihaknya berupaya mengkomunikasikan rencana pemasangan patok dan mendulang masukan dari pelaku wisata terkait rencana tersebut. 

“Sosialisasi sudah dilakukan, pada prinsipnya semua warga sudah disepakati dan setuju pasang patok,” katanya. 

Sejauh ini usulan-usulan terkait dengan rencana pematokan Kawasan Gumuk Pasir Parangtritis telah ditampung oleh Bappeda Bantul. Nantinya, usulan tersebut akan disampaikan ke Keraton Jogja pula. 

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Bantul, Ari Budi Nugroho mengatakan pematokan zona inti Gumuk Pasir Parangtritis seluas 141,10 hektar tahun 2024. Pemasangan patok tersebut menurut Ari dilakukan untuk memastikan keberlangsungan kawasan tersebut. 

BACA JUGA : Cemara Udang di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis Segera Ditebang

Pada 2025 mendatang, Pemkab Bantul akan restorasi kawasan. Rencana restorasi tersebut akan melibatkan masyarakat serta Tim Percepatan Restorasi Gumuk Pasir Parangtritis yang telah dibentuk.

“Dari arahan Kraton Jogja, untuk merestorasi [[Gumuk Pasir Parangtritis] bukan hanya menggusur, tetapi menata, sehingga masyarakat juga dilibatkan dalam restorasi ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ambassador Bamboo Bike Club Jadi Cara Kemen-LHK Kampanyekan Lingkungan ke Dunia Internasional

News
| Senin, 30 September 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement