Advertisement

Proyek Tol Jogja-Solo-YIA Terus Dikebut, Begini Update Progres di Trihanggo dan Purwomartani

Catur Dwi Janati
Senin, 30 September 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Proyek Tol Jogja-Solo-YIA Terus Dikebut, Begini Update Progres di Trihanggo dan Purwomartani Suasana proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 di Tirtoadi pada Kamis (6/6/2024).Catur Dwi Janati - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proyek Tol Jogja-Solo-YIA di Sleman terus masif digarap. Di sisi timur ruas Purwomartani-Maguwo akan masuk pada tahap clearing, sementara di ruas Trihanggo-Junction Sleman pembangunan tol akan masuk di area Ring Road. 

Dalam forum lalu lintas yang digelar, Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana meminta adanya penambahan papan informasi proyek di median jalan, tidak hanya di sisi kiri jalan saja.

Advertisement

Dengan adanya papan informasi mengenai adanya proyek di area Ring Road Trihanggo, pengendara dari jauh bisa mencari alternatif jalan lain untuk menghindari area proyek tol di area Ring Road.  "Intinya perlu ada penambahan rambu-rambu di sepanjang Ring Road baik dari timur maupun barat," kata Arip, Senin (30/9/2024).

Papan informasi tentang adanya progyek tol sebenarnya sudah dipasang saat ini. Hanya saja pemasangannya banyak berada di sisi kiri pengendara, belum ada yang ada di tengah median jalan.

Dengan dipasang di median jalan, akan lebih banyak pengendara yang membaca informasi adanya proyek tol di Ring Road. "Itu banyak yang sebelah kiri, di median juga [harus] diberi papan petunjuk," ujar dia. 

"Kalau di mediannya dipasangi sejak awal orang sudah bisa ngambil lewat jalan mana, terpikirkan sejak awal," imbuhnya. 

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Jogja-YIA Kulonprogo: Ini Penyebab Harga Tanah di Karangsari & Pengasih Naik 3 Kali Lipat

Di sisi lain, Arip tak menampik adanya potensi kemacetan di Jl. Kabupaten saat proyek berlangsung. Hanya saja Arip menyarankan pengendara agar tak terkonsentrasi pada akses jalan tersebut dan melewati alternatif jalan lain. 

"Mungkin titik berat lalu lintasnya, tekanannya di ruas jalan itu sehingga ada saran kalau yang mau ke utara bisa lewat Jl. Magelang jadi maju dulu, supaya enggak fokus di Jl. Kabupaten semua. Yang dari barat lewat Munggur," lanjutnya 

Potensi kemacetan di ruas Jl. Kabupaten tidak terlepas dari adanya fasilitas umum seperti rumah sakit yang menjadi rujukan masyarakat untuk berobat. Sehingga saat proyek tol di area Ring Road Trihanggo berlangsung kemungkinan jalan di sekitar wilayah tersebut akan terdampak. 

"Tetap ada [potensi kemacetan] di situ, karena kebetulan juga ada rumah sakit, keluar masuknya pintunya juga dekat dengan simpang Kronggahan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wamendagri John Wempi Mundur dari Kabinet Jokowi, Segini Sisa Kader PDIP di Istana

News
| Senin, 30 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement