Advertisement

Pengguna Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten Diminta Menyiapkan Kartu E-Toll

Abdul Hamied Razak
Selasa, 01 Oktober 2024 - 19:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pengguna Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten Diminta Menyiapkan Kartu E-Toll Jalan Tol Yogyakarta/Solo/YIA Kulonprogo segmen Kartasura/Klaten. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mengimbau kepada pengguna jalan untuk mempergunakan kartu uang elektronik (e-toll) ketika melewati Jalan Tol Jogja-Solo-YIA Kulonprogo segmen Kartasura-Klaten.

Hingga kini, jalan Tol Jogja Solo segmen ini belum memberlakukan tarif sejak dimulai pengoperasiannya tanggal 20 September 2024 lalu.

Advertisement

Saat ini segmen Kartasura-Klaten terintegrasi dengan jalan tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup, pengguna jalan akan melakukan tapping kartu e-toll asal gerbang tol dalam melakukan pembayarannya.

BACA JUGA: Lewat Tol Jogja Solo, Jarak Tempuh Kartasura-Klaten Hanya 15 Menit

Begitu juga untuk masyarakat sekitar yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Banyudono, GT Polanharjo dan GT Klaten untuk perjalanan keluar dan masuk dari ketiga gerbang tol tersebut diwajibkan untuk tapping kartu e-toll untuk melakukan transaksi asal gerbang.

Hal ini penting untuk memastikan kelancaran perjalanan terutama bagi pengguna jalan tol yang melanjutkan perjalanan ke Ruas Tol Trans Jawa, baik yang menuju arah Semarang maupun arah Surabaya.

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menyampaikan kepada masyarakat sekitar yang ingin melakukan perjalanan melalui jalan tol segmen Kartasura-Klaten dari GT Banyudono ke GT Polanharjo atau GT Klaten dan sebaliknya, ataupun dari GT Pulonharjo ke GT Klaten dan sebaliknya, walaupun masih bertarif nol rupiah tetap diwajibkan untuk melakukan transaksi dengan kartu e-toll. 

“Kami mengucapkan terima kasih atas animo masyarakat sekitar yang ingin melewati Jalan Tol Yogyakarta-Solo-YIA Kulon Progo segmen Kartasura-Klaten. Namun kami mengingatkan seluruh pengguna jalan tol agar tetap membawa kartu uang elektronik karena Jalan Tol Yogyakarta-Solo-YIA Kulon Progo segmen Kartasura-Klaten ini secara langsung terintegrasi dengan jalan tol Trans Jawa sehingga pengguna jalan harus tapping kartu e-tollnya untuk menunjukan asal gerbang tol," ujar Rudy melalui siaran persnya, Selasa (1/10/2024).

BACA JUGA: Tarif Tol Jogja-Solo Sekitar Rp1.860 Per Kilometer atau Rp40.920 untuk Ruas Kartasura-Klaten

Dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pengendara, Jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo segmen Kartasura-Klaten juga dilengkapi 67 titik Closed-Circuit Television (CCTV) serta 5 titik Dynamic Message Sign (DMS) yang tersebar di sepanjang ruasnya. Untuk layanan lalu lintas tersedia 2 unit Mobile Customer Service(MCS), 1 unit ambulans, 1 unit kendaraan rescue, 2 unit kendaraan derek, dan 1 unit PJR (Patroli Jalan Raya).

Pengguna Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo segmen Kartasura-Klaten dihimbau untuk tetap berhati-hati, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan memastikan saldo Kartu Uang Elektronik cukup sebelum memasuki jalan tol. Ini akan membantu kelancaran perjalanan, terutama jika pengguna hendak melanjutkan ke ruas jalan tol lain yang sudah berbayar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Debat Perdana Pilkada Jakarta, Rano Karno Biasa-Biasa Saja

News
| Selasa, 01 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement