Advertisement

Pembangunan Gedung Parkir Pasar Godean Bakal Dimulai Januari 2025

Catur Dwi Janati
Selasa, 01 Oktober 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Pembangunan Gedung Parkir Pasar Godean Bakal Dimulai Januari 2025 Desain Pasar Godean Sleman. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan gedung parkir Pasar Godean dijadwalkan akan mulai dikerjakan pada Januari 2025. 

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Bappeda Sleman, Nur Fitri Handayani menegaskan jika pembangunan fasilitas parkir di Pasar Godean menjadi komitmen Pemkab Sleman. Pembangunan gedung parkir ini akan menggunakan anggaran APBD.

Advertisement

"Pemkab Sleman berkomitmen untuk membangun gedung parkir tersebut melalui APBD sebagai bagian dari kelengkapan fasilitas pasar Godean," kata Fitri, Selasa (1/10/2024).

Fitri menjelaskan, desain gedung parkir yang dibangun akan memiliki dua lantai. Luasan per lantainya mencapai 1.482 meter persegi. "Bangunan parkir terdiri dari dua lantai, dengan perkiraan luasan per lantai 1.428 meter persegi. Total perkiraan luasan 2.856 meter persegi [dua lantai]," tandasnya 

Rencananya pembangunan gedung parkir Pasar Godean akan dimulai Januari 2025. Sementara lama pembangunannya diestimasi akan memakan waktu empat bulan.  "Pembangunan dijadwalkan mulai Januari-April," imbuhnya. 

Selama menunggu pembangunan gedung parkir digulirkan, saat ini sejumlah lokasi di sekitar pasar disiapkan untuk lahan parkir sementara bagi pedagang dan pengunjung pasar. "Untuk saat ini, Dinas Perhubungan telah menyiapkan lokasi-lokasi parkir di sekitar pasar yang bisa digunakan oleh pedagang maupun pengunjung pasar," tegasnya.

Di sisi lain, saat ini tengah berlangsung pembongkaran bangunan Balai Pelatihan Kesehatan di utara Pasar Induk Godean yang menjadi lokasi gedung parkir kelak. Lahan tersebut nantinya diurug dan diratakan untuk bakal dibangun gedung parkir Pasar Godean. "Masih proses perataan lahan," ujarnya.

BACA JUGA: Pasar Godean Baru Disebut Belum Layak Digunakan, Ini Tanggapan Disperindag Sleman

Pada akhir Agustus lalu, Presiden RI, Joko Widodo secara langsung meresmikan revitalisasi Pasar Godean, Sleman. Revitalisasi Pasar Godean menghabiskan anggaran mencapai Rp89 miliar. 

Setelah 30 tahun terakhir kali direnovasi, Pasar Godean akhirnya direvitalisasi total. "Sekarang dibangun, direvitalisasi total dan telah selesai hari ini menelan anggaran Rp89 miliar," ucap Jokowi. 

Dengan revitalisasi ini, Pasar Godean disebut Jokowi mampu menampung ribuan pedagang. "Bisa nanti ditempati kurang lebih 1.800 pedagang," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Mantan Dirjen Bea Cukai Terkait Dugaan Korupsi Kapal Patroli Cepat

News
| Selasa, 01 Oktober 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement