Advertisement

Penertiban Bong Suwung Selesai, Daop 6 Lakukan Pemekaran Emplasemen Stasiun Tugu Jogja

Alfi Annisa Karin
Kamis, 03 Oktober 2024 - 17:07 WIB
Sunartono
Penertiban Bong Suwung Selesai, Daop 6 Lakukan Pemekaran Emplasemen Stasiun Tugu Jogja Sterilisasi Bong Suwung yang dilaksanakan oleh jajaran Daop 6 beserta stake holder lainnya, Kamis (3/10 - 2024) / Dokumentasi KAI Daop 6 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, GEDONGTENGEN—Pembongkaran kawasan Bong Suwung yang berada di emplasemen bagian barat Stasiun Yogyakarta kembali dilaksanakan, Kamis (3/10/2024). Kali ini, sebanyak 400 personel Daop 6 dibantu oleh TNI, Polri, Satpol PP, PLN, hingga Damkar turut terjun langsung melakukan pembongkaran agar prosesnya lebih cepat selesai. Nantinya, sisa sterilisasi akan dibuang ke luar Kota Jogja sehingga tidak memberi beban sampah ke Kota Jogja.

EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo menuturkan, sterilisasi area Bong Suwung ini merupakan komitmen KAI Daop 6 terhadap keselamatan perjalanan kereta api. Tak hanya keselamatan penumpang maupun awak kereta, tapi juga keselamatan penghuni Bong Suwung. Menurut Bambang,  kawasan itu sangat rawan kecelakaan mengingat frekuensi dan kecepatan kereta api semakin bertambah.

Advertisement

BACA JUGA : 9 Warga Bong Suwung Ditampung di Selter PKBI

“Area Bong Suwung masih berada di emplasemen Stasiun Yogyakarta. Ini merupakan area yang banyak aktivitas langsiran kereta api. Dengan dilakukannya sterilisasi, diharapkan akan memberikan ruang yang lebih untuk kegiatan operasional kereta api,” ujar Bambang, Kamis (3/10/2024).

Bambang menuturkan, usai sterilisasi selesai dilaksanakan pihaknya akan melakukan pemekaran emplasemen. Ini bisa menjadikan jarak antar rel dapat diperlebar dan memungkinkan dilakukannya pengembangan peron stasiun. Ketika peron stasiun dikembangkan, maka diharapkan akan mengurangi penumpukan penumpang di Stasiun Yogyakarta.

“Penumpang akan terus bertambah dan meningkatkan faktor keselamatan ketika penumpang menunggu di Peron,” katanya.

BACA JUGA : Warga Bong Suwung Lanjutkan Bongkar Hunian, Deadline Pengosongan Terakhir Besok

Meski sempat ada gejolak, tapi Bambang mengaku bersyukur proses sterilisasi Bong Suwung bisa berjalan dengan lancar. Seluruh warga juga setuju dan akhirnya menyadari upaya sterilisasi ini merupakan langkah demi kepentingan dan kebaikan bersama

"Kami berterima kasih kepada semua yang telah membantu dalam sterilisasi area kali ini. Kami berharap kawasan ini menjadi lebih baik lagi sehingga dapat mempercantik pintu masuk Kota Jogja," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Hari Batik, InJourney Destination Management Menghadirkan Distrik Batik di Prambanan

News
| Kamis, 03 Oktober 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Ketinggian Puncak Gunung Everest Bertambah, Ini Penjelasannya

Wisata
| Selasa, 01 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement