Advertisement

Peringatan Hari Jadi Gunungkidul Digelar di Tanggal yang Baru, Ini Rangkaian Acaranya

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 04 Oktober 2024 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Peringatan Hari Jadi Gunungkidul Digelar di Tanggal yang Baru, Ini Rangkaian Acaranya Peserta upacara Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-194 sedang menyiapkan barisan di Alun-alun Wonosari, Jumat (4/10/2024). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul menggelar peringatan Hari Jadi pertama kalinya setelah perubahan tanggal. Peringatan itu dipusatkan di Alun-Alun Wonosari, Jumat (4/10/2024). Rangkaian peringatan Hari Jadi Gunungkidul dibuka dengan upacara, sementara untuk puncak rangkaian acara akan digelar pada Sabtu (5/10/2024) besok.

Plt Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan keputusan mengubah tanggal Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul tidak dilakukan secara tiba-tiba dan tanpa dasar.

Advertisement

Dia menjelaskan perubahan Hari Jadi dari tanggal 27 Mei menjadi 4 Oktober telah didahului dengan kajian sejarah yang melibatkan berbagai unsur seperti akademisi. “Ada proses panjang menentukan Hari Jadi langsung ke-194. Ada analisis dan sumber sejarah baru yang tentunya sudah sangat valid," kata Heri ditemui di Alun-alun Wonosari, Jumat.

Dalam peringatan Hari Jadi ke-194 ini, Heri mengajak untuk melihat kembali kemajuan Kabupaten Gunungkidul yang dapat dilihat nyata dan dirasakan bersama.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul, Chairul Agus Mantara mengatakan rangkaian Hari Jadi ke-194 Kabupaten Gunungkidul akan ditutup dengan gelaran Gunungkidul Night Carnival (GNC), Sabtu.

Agus telah menjelaskan bahwa GNC dapat diharapkan mendongkrak indeks kebudayaan Yogyakarta melalui keterlibatan seniman lokal dan nasional. GNC 2024 akan diikuti 38 regu.

BACA JUGA: Gunungkidul Night Carnival Digelar Akhir Pekan Ini, Berikut Peta Penutupan Jalur

Dari jumlah itu, sebanyak 20 regu akan diisi dari utusan luar daerah yang ingin berpartisipasi dalam GNC seperti Banyuwangi, Wonosobo, Bali, dan Banten. Sisanya, 18 regu merupakan kelompok bregada tiap kapanewon/kecamatan.

GNC akan dimulai pukul 19.30 WIB. Semua regu akan berjalan dari Taman Budaya Gunungkidul (TBG) dengan perhentian akhir di Alun-alun Wonosari. Sebelum regu-regu tersebut tiba, di Alun-alun Wonosari sudah ada penampilan tari kolosal 800 orang.

Apabila melihat gelaran GNC 2023, maka setidaknya akan ada sekitar 60.000 peserta yang ikut dan menyaksikan suguhan penampilan. Agus berharap 100.000 orang dapat berkumpul untuk menyaksikan GNC 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Memanas, Israel Utara Dihujani Roket Lebanon

News
| Jum'at, 04 Oktober 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement