Advertisement

Pemkab Sebut Rerata Konsumsi Air Warga Gunungkidul Capai 90 Liter Per Jiwa Per Hari

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 09 Oktober 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Pemkab Sebut Rerata Konsumsi Air Warga Gunungkidul Capai 90 Liter Per Jiwa Per Hari Ilustrasi instalasi air bersih / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul merilis tingkat konsumsi air masyarakat Gunungkidul. Dalam rilis menyatakan bahwa rata-rata konsumsi air masyarakat rata-rata 90 liter per jiwa per hari.

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan apabila melihat rata-rata tingkat konsumsi air tersebut, Pemkab telah memperluas akses pelayanan air minum layak sebesar 90,59%.

Advertisement

Suhartanta mengaku guna menjaga akses dan memperluasnya, maka perlu ada pelestarian alam. Pelestarian lingkungan dalam rangka menjaga ketersediaan air dapat dilakukan di sumber-sumber air seperti Goa Rancang Kencana dan Air Terjun Sri Gethuk.

“Dua objek wisata itu juga merupakah salah satu geosite di Gunungkidul yang merupakan bagian dari Gunungsewu UNESCO Global Geopark,” kata Suhartanta dalam keterangan tertulis.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, M. Arif Aldian mengatakan akses perpipaan dalam penyediaan air bersih di Bumi Handayani saat ini mencakup PDAM sebesar 25,1%, SPAM Berbasis Masyarakat 4% dan Pammaskarta 14,5% serta jaringan mandiri sebesar 1,7%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SETARA Institute Ungkap 130 Masalah di Tubuh Polri

News
| Rabu, 09 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement