Advertisement

Posyandu Kapulogo IV Kotagede Wakili Kota Jogja Maju Lomba Tingkat Provinsi

Alfi Annisa Karin
Minggu, 13 Oktober 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Posyandu Kapulogo IV Kotagede Wakili Kota Jogja Maju Lomba Tingkat Provinsi Ilustrasi Posyandu. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahun ini, Kemantren Kotagede kembali mengirimkan Posyandu Kapulogo IV untuk berkompetisi pada gelaran Lomba Evaluasi Posyandu Kota Jogja. Lomba ini diinisasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Jogja dan diikuti oleh 14 kemantren se-Kota Jogja.

Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma’arif menjelaskan Lomba Evaluasi Posyandu dilaksanakan melalui 3 tahap, yakni dari penyusunan dan pengiriman profil posyandu, penilaian administrasi evaluasi posyandu, hingga verifikasi lapangan.

Advertisement

Komaru mengatakan ada perbedaan jika dibanding dengan lomba posyandu tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan terletak pada kategori layanan posyandu yang dilombakan, yaitu posyandu yang sudah menerapkan integrasi layanan primer (ILP).

Posyandu ILP adalah kegiatan pelayanan kesehatan yang melayani seluruh siklus hidup masyarakat, mulai dari bayi, balita, remaja, anak usia pra dan sekolah, usia produktif hingga lansia.

“Posyandu Kapulogo IV sudah termasuk kategori posyandu ILP. Dalam pelaksanaannya memberikan layanan untuk ibu hamil, bayi dan balita, remaja, dan lansia serta integrasi dengan Bina Keluarga Balita [BKB], Bina Keluarga Remaja [BKR], dan Bina Keluarga Lansia [BKL],” ujar Komaru.

Dia menambahkan, ada beberapa aspek yang menjadi penilaian. Di antaranya penilaian administrasi kelompok kerja operasional (pokjanal) posyandu kemantren, adminisrasi Pokja Posyandu Kelurahan, dan administrasi posyandu sampel.

Ada juga penilaian keterampilan kader, sarpras posyandu, penerapan posyandu ILP, dukungan dari lorong sayur dan kelompok wanita tani (KWT), dukungan dari bank sampah, dukungan dari UMKM, swadaya masyarakat, hingga kerja sama dengan berbagai pihak, serta inovasi di posyandu.

“Pada penilaian administrasi, Posyandu Kapulogo IV masuk ke dalam urutan kedua terbaik. Kemudian, dewan juri melakukan verifikasi lapangan,” imbuhnya.

Komaru menuturkan, kegiatan verifikasi lapangan Posyandu Kepulogo IV berlangsung pada 25 September 2024 di Sanggar Maharani Kampung Basen yang merupakan lokasi hari buka penimbangan Posyandu Kapulogo IV.

Dia menuturkan dewan juri memberikan kesan pesan yang cukup bagus terhadap Posyandu Kapulogo IV. “Hasil ini kemudian membawa Posyandu Kapulogo IV meraih  Juara 1 Lomba Evaluasi Posyandu Tingkat Kota Jogja 2024 dan akan mewakili Kota Jogja untuk lomba posyandu di tingkat Provinsi DIY pada tahun 2025 mendatang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siapa Bilang Menyenangkan? Berikut Dampak Negatif Bekerja secara WFH

News
| Minggu, 13 Oktober 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement