Advertisement

Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Melayang di Atas Ringroad: Hindari Perempatan Kronggahan, Ini Jalur Alternatifnya

Catur Dwi Janati
Kamis, 17 Oktober 2024 - 06:52 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Melayang di Atas Ringroad: Hindari Perempatan Kronggahan, Ini Jalur Alternatifnya Pekerja proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman melakukan pacthing atau penambalan jalan di jalan ring road area Trihanggo. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengerjaan konstruksi proyek jalan Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman mulai memasukia kawasan Ringroad Utara Sleman. Konstruksi jalan tol ini akan dibangun melayang di atas Ringroad. Pelaksana proyek pun sudah memasang Pagar Proyek Daur Ulang (PPDU) dan beton barrier pekan ini.

Humas Proyek Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman PT Adhi Karya, Agung Murhandjanto menjelaskan pemasangan pagar pembatas dan beton barrier dimulai pada Selasa (15/10/2024) malam. Pagar dipasang sepanjang kurang lebih 600 meter dari timur Simpang Empat Kronggahan hingga tikungan Nglarang di jalan Ringroad.

Advertisement

Pemasangan pagar dan beton barrier diletakkan di sisi terluar dari 12 meter tersebut. Adapun ruas jalan sisanya di luar area pagar bisa digunakan para pengendara untuk melintas. "Menjorok ke dalam, 12 meter di tengah [Ring Road]," ujarnya.

Saat ini sudah tidak ada lagi pemisah antara lajur cepat dan lajur lambat, sehingga kendaraan di Ringroad akan melintas dalam satu lajur selama proyek tol Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman di area tengah Ringroad berlangsung. "Iya, yang jalur lambat itu kan sudah kita gabung sepanjang 600 meter," katanya. 

Pengembang proyek jalan Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman menurunkan sejumlah personel yang terdiri dari flag man dan petugas K3 serta meminta bantuan dari kepolisian untuk pengamanan dalam proses pemasangan pagar. Papan informasi adanya proyek dan sejumlah jalur alternatif juga telah disiapkan menyusul mulai masuknya pengerjaan di tengah Ringroad.

"Pemasangan pagar proyek pembatas antara area penggarapan tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman yang berada di dalam pagar dan area luar pagar untuk lalu lintas kendaraan ini diestimasi akan memakan waktu 7-10 hari," katanya.

Hindari Kronggahan

Pengguna jalan diarahkan untuk tidak melewati kawasan simpang empat Kronggahan sebagai titik Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman. Pengendara dari arah Magelang yang ingin menuju Purworejo dan sebaliknya, pengendara bisa melintasi Jl. Ringroad Timur menyambung ke arah Jl. Ringroad Selatan.

Selanjutnya untuk pengendara dari arah Solo yang ingin menuju Purworejo dan sebaliknya bisa langsung melintas bisa Jl. Ringroad Selatan. Untuk pengemudi dari Solo menuju Magelang bisa melintas di Jl. Ring Road Timur menyusuri Jl. Ringroad Utara hingga berbelok ke Jl. Magelang di area Jombor.

Selain rute yang telah ada, pihak tol Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman juga telah menyiapkan rute alternatif untuk sepeda motor dan mobil pribadi serta rute alternatif tensendiri untuk kendaraan berat. Adapun sepeda motor dan mobil pribadi, rute alternatif yang dapat dilewati untuk menghindari proyek pembangunan Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman di simpang empat Kronggahan yakni dari Jl. Magelang ke arah barat menuju Pasar Sleman, lalu ke arah Pasar Cebongan, sampai simpang Munggur menuju simpang Patukan dan tembus ke Pasar Gamping. 

Kendaraan berat atau semua jenis truk, pengendara bisa mengambil rute alternatif dari Jl. Magelang ke simpang Denggung menuju Jl. Ringroad Utara ke arah Jl. Ringroad Selatan lalu menuju Pasar Gamping dan Jl. Wates. Sehingga bisa dialihkan agar tidak melewat titik proyek Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rundown Materi Pembekalan Calon Wakil Menteri Prabowo di Hambalang: Ada Lapangan Kerja hingga Antikorupsi

News
| Kamis, 17 Oktober 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement