Advertisement

Materi Debat Pilkada Kulonprogo 2024 Disusun KPU Bersama Pakar dan Organisasi

Triyo Handoko
Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:07 WIB
Ujang Hasanudin
Materi Debat Pilkada Kulonprogo 2024 Disusun KPU Bersama Pakar dan Organisasi Suasana forum diskusi terpumpunsebagai awal penyusunan materi debat Pilkada Kulonprogo yang diselenggarakanKPU pada Kamis (17/10 - 2024) yang dihadiri berbagai perwakilan kelompok masyarakat, organisasi, hingga pejabat Pemkab Kulonprogo.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--KPU Kulonprogo tengah menyusun materi debat pasangan calon (paslon) Pilkada 2024. Penyusunan ini melibatkan berbagai pakar dan organisasi untuk nantinya jadi topik bahasan saat debat.

Materi debat yang tengah disusun ini dimulai dengan forum diskusi terpumpun yang diselenggarakan KPU Kulonprogo pada Kamis (17/10/2024). Forum tersebut dibagi dalam tiga kelompok yang masing-masing membahas tata pemerintahan, ekonomi dan lingkungan, serta sosial.

Advertisement

Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana menjelaskan saat pembukaan forum diskusi yang dihadiri puluhan orang itu bahwa debat jadi medium yang penting selama masa kampanye ini. "Saat debat nanti masyarakat dapat menilai berdasarkan tawaran program dan kebijakan yang disampaikan setiap paslon, dengan begitu kualitas pemilu akan meningkat," paparnya.

Lewat debat yang nantinya diselenggarakan secara langsung di televisi ini, jela Budi, visi-misi paslon Pilkada Kulonprogo akan lebih didalami dan dielaborasi secara menyeluruh. "Lewat forum ini materi debat akan dirumuskan secara bersama dan seksama yang nantinya akan mengupas potensi dan tantangan program kebijakan untuk membangun Kulonprogo kedepan," terangnya.

BACA JUGA: Bawaslu Kuloprogo Rampungkan Pemetaan Kerawanan dalam Pilkada 2024

Sementara Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kulonprogo, Aris Zurkhasanah menjelaskan debat akan diselenggarakan secara tiga kali. Seluruhnya akan dilakukan pada November mendatang, dimana debat pertama antara calon bupati, kedua antar calon wakil bupati, dan terakhir debat berpasangan.

Aris menerangkan hasil perumusan materi dalam forum diskusi pada Senin siang itu nantinya akan lebih dipertajam lagi. "Ada delapan panelis yang nantinya akan menysun materi debatnya, semuanya dari kalangan netral," ungkapnya.

Setiap debat akan berlangsung dua jam yang secara sistematikanya terdapat beberapa segmen yang ada kesempatan antar kandidat bertanya dengan kandidat lain. "Lewat debat ini kami harap partisipasi masyarakat dapat meningkat dalam Pilkada ini, lalu memilih paslon secara cerdas agar lahir pemimpin yang berkualitas," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Buka Pelatihan Santri Jadi Content Creator dan Mahir AI, Ini Link Pendaftarannya!

News
| Kamis, 17 Oktober 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement