Advertisement

Kampus Merdeka Perlu Dievaluasi, Ini Rekomendasi Guru Besar UMY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 18 Oktober 2024 - 20:17 WIB
Stefani Yulindriani Ria S. R
Kampus Merdeka Perlu Dievaluasi, Ini Rekomendasi Guru Besar UMY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pelaksanaan program Kampus Merdeka dinilai perlu dievaluasi. 

Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi Pendidikan Islam UMY, Prof. Suciati menilai penerapan kebijakan kampus merdeka dengan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk magang mandiri dan mengikuti program kampus mengajar perlu dievaluasi.

Advertisement

Menurutnya, penerapan kedua program tersebut perlu disesuaikan dengan pembelajaran yang telah ditempuh mahasiswa di perkuliahan. "Kurikulum merdeka [kampus merdeka] itu sudah baik, tetapi harus disesuaikan," katanya, Jumat (18/10/2024).

Suciati menilai, penerapan magang mandiri dengan mengonversi durasi magang yang dilakukan mahasiswa dengan SKS yang ada di bangku perkuliahan tidak imbang. 

Menurutnya, ada beberapa pembelajaran di tempat magang yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang harus ditempuh mahasiswa di perkuliahan. Sehingga mahasiswa yang mengikuti magang tidak serta merta dianggap telah menempuh beberapa SKS.

"Mereka [mahasiswa magang mandiri] mencari pembelajaran di luar sekolah, itu sulit bagi kami karena seharusnya [mahasiswa] mendapatkan kognisi [pembelajaran di perkuliahan sesuai SKS]. Itu perlu dievaluasi lagi kurikulum merdeka [kampus merdeka]," ujar Suciati.

Selain itu, menurutnya, dalam kampus mengajar, beberapa mahasiswa diminta mengajar mata pelajaran yang tidak linier dengan jurusannya. Suciati mencontohkan salah satu mahasiswa jurusan komunikasi di kampusnya yang sempat mengikuti program kampus mengajar. Mahasiswa tersebut diminta mengajar matematika dan olahraga. Menurutnya, penerapan program tersebut tidak tepat.

"Hubungan [pelajaran yang diajar dalam kampus mengajar] dengan prodi kan harus cocok, tetapi bagaimana kalau sangat tidak cocok [prodi yang ada dengan mata pelajaran yang diajarkan dalam kampus mengajar]. Kan itu tidak selalu cocok," ucapnya.

Dia mengakui, tujuan kampus merdeka adalah untuk memerdekakan mahasiswa dalam menempuh pendidikan. Dia juga menilai tujuan penerapan kampus merdeka untuk mengasah karakter mahasiswa. Namun menurutnya, penerapan program tersebut masih perlu dievaluasi apabila dilanjutkan di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Kabinet Prabowo Wajib Ikuti Penataran selama 3 Hari di Akmil Magelang

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement