Advertisement

Butuh Tenaga Sortir Logistik Pilkada, KPU Kulonprogo Prioritaskan Warga Lokal

Triyo Handoko
Jum'at, 18 Oktober 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Butuh Tenaga Sortir Logistik Pilkada, KPU Kulonprogo Prioritaskan Warga Lokal Bilik suara Pemilu 2024 disalurkan. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Logistik Pilkada 2024 sudah mulai diterima KPU Kulonprogo. Terbaru, sebanyak 354.562 surat suara sudah sampai di Bumi Binangun.

Selain surat suara, logistik lain yang sudah diterima KPU Kulonprogo adalah kotak suara, bilik suara, hingga perlengkapan alat tulis lain seperti sampul dan segel.

Advertisement

Seluruh logistik Pilkada itu ditampung KPU di bekas Gedung Kesenian Kulonprogo yang difungsikan sebagai gudang. Pengamanan logistik ini melibatkan Polres seperti saat pengawalan kedatangan surat suara tersebut.

Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana menjelaskan setelah kedatangan logistik Pilkada tersebut, pihaknya akan mengecek kondisinya. Terutama surat suara agar saat pencoblosan nanti semuanya terkondisikan dengan baik.

Pengecekan kondisi surat suara ini, jelas Budi, akan melibatkan petugas khusus yang akan melakukan penyortiran. "Nanti kami rekrut petugas khusus untuk sortir ini," katanya, Jumat (18/10/2024).

Budi menjelaskan selain menyortir surat suara, petugas yang direkrut itu juga akan mengemas surat suara. Kebutuhan petugas sortir ini sekitar 30-40 orang. "Selama proses sortir ini tentu juga kami lakukan pengawasan," ujar dia.

BACA JUGA: Calon Walikota Jogja Diminta Ciptakan Tata Ruang Seimbang

Petugas sortir yang akan direkrut, lanjut Budi, diprioritaskan warga lokal Kulonprogo. Sementara itu KPU Kulonprogo juga tengah mempersiapkan debat paslon Pilkada.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kulonprogo Aris Zurkhasanah menjelaskan debat ini akan dilakukan tiga kali pada 2, 9, dan 16 November. Seluruh pelaksanaannya akan disiarkan langsung.

Debat paslon Pilkada Kulonprogo ini, jelas Aris, juga akan melibatkan pendukung setiap calon. "Kami batasi 50 orang pendukung dapat menyaksikan langsung di ruangan debat tersebut, lainnya akan disiarkan langsung sehingga bisa disaksikan seluruh masyarakat lewat televisi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Digelar Minggu, Begini Susunan Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement