Advertisement

KPU Kota Jogja Gelar Sosialisasi Pilkada Lewat Nobar Film Tepatilah Janji"

Alfi Annisa Karin
Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:57 WIB
Abdul Hamied Razak
KPU Kota Jogja Gelar Sosialisasi Pilkada Lewat Nobar Film Tepatilah Janji Nonton bareng film "Tepatilah Janji" di MAN 1 Yogyakarta sebagai upaya KPU memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula, Selasa (22/10/2024) - Harian Jogja - Alfi Annisa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOKUSUMAN – Menjelang pelaksanaan Pilkada Jogja, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja menggelar nonton bareng (nobar) film “Tepatilah Janji” di MAN 1 Yogyakarta, Selasa (22/10/2024).

Film ini diciptakan oleh KPU RI sebagai media untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat. Film “Tepatilah Janji” mengandung ajakan kepada pemilih untuk menggunakan kecerdasan kritisnya dalam mencari informasi terkait rekam jejak paslon dan selalu menggunakan hati nurani untuk memilih pemimpin Kota Jogja ke depan.

Advertisement

BACA JUGA: 328.931 Surat Suara Pilkada Kota Jogja Mulai Disortir

Sebelumya, film ini juga sudah ditayangkan di Science Teather Taman Pintar di hadapan pemangku kepentingan di lingkup Kota Jogja.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Jogja Agus Muhammad Yasin menuturkan nobar film “Tepatilah Janji” di MAN 1 Yogyakarta diikuti oleh 250 siswa serta 100 tenaga pendidik.

Tak hanya nobar, KPU juga sekaligus memberikan edukasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada di Kota Jogja, termasuk berkaitan dengan informasi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Ini dilakukan agar siswa yang juga merupakan pemilih pemula ini mengenal paslon dan bisa berpartisipasi menggunakan hak suaranya.

“Peserta sangat antusias melihat respon dari anak-anak tadi interaktif, mereka terlibat aktif dalam game dan mengajukan pertanyaan,” ujar Yasin saat ditemui di MAN 1 Yogyakarta, Selasa (22/10/2024).

Yasin menuturkan sosialisasi ini juga menjadi cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada 2024. KPU sebelumnya telah menetapkan daftar pemilih tetap di Kota Jogja sejumlah 320.594 orang.

Yasin mengatakan sebesar 21 persen DPT merupakan Generasi Z dan 26 persen diantaranya merupakan Generasi Milenial. Menurutnya, ini menjadi kewajiban bagi KPU untuk memastikan baik Generasi Z maupun Milenial turut serta menggunakan hak suaranya.

“Kami berharap partisipasinya naik sekaligus juga pemilih pemula mengetahui persis calon wali kota dan wakil wali kota yang berkompetisi di Kota Jogja,” imbuhnya.

Dia menambahkan proses pendaftaran daftar pemilih tambahan masih terus bergulir. Untuk itu, pemilih pemula yang belum masuk dalam DPT bisa masuk dalam daftar pemilih tambahan dengan berbagai syarat yang sudah ditetapkan oleh KPU.

Selain itu, pemilih pemula juga bisa masuk dalam daftar pemilih khusus yang akan dilayani langsung di TPS pada saat hari pencoblosan. Yasin menambahkan, pihaknya juga turut menggandeng Dinas Dukcapil Kota Jogja dalam rangka menyukseskan gelaran Pilkada 2024.

“Koordinasi dengan Dukcapil selalu kita lakukan termasuk koordinasi untuk seluruh tahapan, terlebih minggu-minggu terakhir ini menjadi tahapan krusial,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Profil Mari Elka Pangestu, Mantan Menteri SBY Kini Jadi Staf Khusus Presiden Prabowo

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 15:02 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement