Advertisement

Sah! Empat Pimpinan Definitif DPRD Sleman Resmi Dilantik

Abdul Hamied Razak
Selasa, 22 Oktober 2024 - 18:00 WIB
Abdul Hamied Razak
Sah! Empat Pimpinan Definitif DPRD Sleman Resmi Dilantik Pimpinan definitif DPRD Sleman periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (22/10 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pimpinan definitif DPRD Sleman periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (22/10/2024). Dengan pelantikan ini maka kerja-kerja para anggota legislatif bisa berjalan normal.

Keempat Pimpinan DPRD Sleman yang dilantik terdiri dari Y. Gustan Ganda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai Ketua. Ani Martanti dari Partai Kebangkitan Bangsa, Hasto Karyantoro dari Partai Keadilan Sejahtera, dan Sukaptana dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua.

Advertisement

BACA JUGA: Seluruh Anggota DPRD Sleman Diizinkan Mengikuti Kampanye di Pilkada Sleman

Seusai pelantikan, kata Ganda, pimpinan DPRD Sleman langsung bekerja bersama para anggota legislatif lainnya. Agenda DPRD terdekat, lanjutnya, adalah rapat paripurna untuk membahas alat kelengkapan. "Rabu (23/10/2024) besok kami akan menggelar Paripurna untuk mengesahkan alat kelengkapan Dewan," katanya.

Dia menyerahkan kepada partai politik untuk menempatkan anggota-anggota terbaiknya di komisi-komisi dan badan-badan di DPRD Sleman. Selanjutnya akan disahkan dan dipilih pimpinan. "Harapannya, (penentuan pimpinan komisi dan bedan) dilakukan secara musyawarah mufakat," katanya.

Dijelaskan Ganda, DPRD memiliki tanggung jawab yang besar. Salah satunya menjalankan fungsi legislasi untuk membentuk peraturan daerah yang dapat memberi jalan bagi warga Sleman untuk memperoleh kesejahteraan.

Begitu pula dengan fungsi anggaran yang dijalankan bersama lembaga eksekutif. Ganda menuturkan anggaran pendapatan dan belanja daerah harus bisa menopang program di berbagai bidang.

Terakhir, untuk fungsi pengawasan, DPRD Sleman diharapkan bisa meningkatkan kinerja pemerintahan dalam melaksanakan Undang-Undang. "Prinsipnya harus tepat. Baik itu tepat sasaran, tepat program, dan tepat anggaran," tegasnya.

Ganda menyontohkan soal program pengentasan kemiskinan di Sleman. Salah satunya di Kapanewon Prambanan di mana wilayah ini memiliki banyak penduduk miskin. Dia pun berharap program dan kebijakan pengentasan kemiskinan bisa dilaksanakan di kapanewon tersebut.

"Saya sudah ke lokasi. Kondisi geografis memang membuat wilayah tersebut jadi terhambat. Soal sektor kemiskinan ini kami sudah berkoordinasi dengan Pjs Bupati dan Sekda," ujarnya.

Dalam pidatonya, Pjs Bupati Sleman Kusno Wibowo berharap, pelantikan pimpinan DPRD ini menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi. Dia menyampaikan bahwa sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, Pemerintah Kabupaten Sleman dan DPRD Kabupaten Sleman harus memiliki sinergitas hubungan kemitraan yang baik dalam rangka upaya membangun dan mensejahterakan masyarakat Sleman.

"Pemkab dan DPRD adalah kesatuan utuh yang bersinergi. Sinergi ini bertujuan untuk mewujudkan harapan dan aspirasi masyarakat. Kontrol dari legislatif sangat kami harapkan agar pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten Sleman ini tetap on the track dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat," kata Kusno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TNI Bakal Siapkan Tiga Kandidat untuk Jadi Ajudan Presiden Prabowo Subianto

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 19:22 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement