Advertisement

Jelang Ramadan, Waspadai Lonjakan Harga Bahan Pangan

I Ketut Sawitra Mustika
Minggu, 08 April 2018 - 13:20 WIB
Arief Junianto
Jelang Ramadan, Waspadai Lonjakan Harga Bahan Pangan Ilustrasi pedagang bawang putih di Pasar Gentan Sinduharjo, Kecamatan, Ngaglik, Kabupaten Sleman - JIBI/HarianJogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Menjelang Ramadan, Pemerintah Pusat mewaspadai lonjakan harga dan kelangkaan stok beberapa komoditas pangan. Kelangkaan beberapa bahan makanan biasanya menimpa tanaman yang sifatnya musiman.

“Komoditas yang diwaspadai itu seperti cabai, bawang merah dan tomat. Itu yang fluktuatif pada saat-saat tertentu, karena itu musiman. Walaupun konstribusinya pada inflasi tidak tinggi, karena yang tertinggi adalah beras,” ucap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai memberi pengarahan di Gedung Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Jumat (6/4/2018).

Advertisement

Ia mengatakan kelangkaan yang kerap menimpa beberapa komoditas itu sulit dihindari selama tempat penyimpanan yang baik belum dapat disediakan.

Meski begitu, Enggartiasto memprediksi stok cabai, bawang merah dan tomat menjelang Ramadhan aman terkendali sama seperti tahun 2017, yang tidak ada gejolak berarti. “Presiden [Joko Widodo] sudah tekankan harus tersedia [stoknya], turunkan harga dan stabilkan harga [jadi akan aman],” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement