Advertisement

Wisatawan yang Berkunjung ke Jogja Rata-Rata Belanjakan Uang Rp1,2 Juta

I Ketut Sawitra Mustika
Minggu, 08 April 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Wisatawan yang Berkunjung ke Jogja Rata-Rata Belanjakan Uang Rp1,2 Juta Ilustrasi wisata Jogja. - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Tavip Agus Rayanto mengatakan, kebijakan pariwisata yang saat ini sedang digalakkan Pemda DIY lebih berfokus pada spending money dari para turis.

Menurut Tavip, untuk daerah dengan wilayah kecil seperti DIY, lama tinggal wisatawan tentu tidak akan lama. Dengan wilayah yang tak seberapa, dalam sehari turis sudah bisa mengunjungi tujuh sampai delapan destinasi. Lagi pula, lama tinggal wisatawan dinilai tidak bisa menggambarkan spending money turis di sebuah daerah.

Advertisement

"Maka sebetulnya yang dibutuhkan adalah spending-nya dibanding orang menginap, tetapi tidak membelanjakan uangnya ke masyarakat. Dari hasil kajian yang dilakukan, para wisatawan yang datang ke Jogja itu rata-rata menghabiskan Rp1,2 juta," jelas Tavip di Gedung DPRD DIY, Jumat (6/4).

Sebelumnya, Anggota DPRD DIY Sukamto menyatakan, Pemda DIY perlu mengubah arah kebijakan pariwisata. Alih-alih hanya mengejar target kunjungan, Pemda DIY harus bisa mendorong para wisatawan, utamanya turis asing untuk membelanjakan uangnya lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement