Wisata Selfie di Bantul Diperkirakan Makin Marak saat Lebaran

Seorang pengunjung melihat hasil foto selfie di taman bunga yang ada di kawasan pesisir Bantul, Sabtu (7/4 - 2018). Harian Jogja/David Kurniawan
09 April 2018 07:10 WIB David Kurniawan Bantul Share :


Harianjogja.com, BANTUL--Booming wisata selfie sedang terjadi di kawasan pesisir Bantul. Hal ini terlihat dari makin banyaknya spot berfoto mulai dari kawasan Pantai Baru hingga Baros, Kecamatan Kretek.

Di sepanjang jalur jalan lintas selatan ini nampak berderet kebun-kebun bunga yang siap dikunjungi wisatawan. Variasi dari tanaman juga makin banyak karena tidak hanya mengandalkan bunga matahari, tetapi tanaman lain yang beraneka warna sehingga dapat menarik perhatian pengunjung.

Untuk menikmati kebun bunga ini, pengelola hanya mematok tiket masuk Rp5.000 per orang. Selain dapat berfoto sepuasnya, pengunjung akan dipinjami topi sebagai pelengkap.

Salah seorang pengelola kebun bunga di kawasan pesisir Bantul, Najwa mengatakan perkembangan foto selfie mulai nampak terlihat di akhir 2017 lalu. Pada awalnya, destinasi kebun bunga ini hanya ada satu dua pengelola. Namun saat ini, jumlahnya meningkat pesat karena setiap jengkal tanah yang ada banyak dijadikan lokasi untuk berswafoto.

“Nanti pada saat Lebaran akan lebih banyak lagi pengelola yang buka karena sekarang sudah banyak petani yang mulai menanam untuk persiapan liburan Idulfitri,” kata Najwa kepada Harian Jogja, Sabtu (7/4/2018).

Menurut dia, tarif yang dipatok untuk sekali masuk tidak mahal karena wisatawan hanya dibebankan Rp5.000 per orang. Pengunjung pun dapat sepuasnya berfoto di titik-titik yang telah tersedia. “Kalau liburan yang datang banyak dan jumlahnya bisa mencapai ratusan orang datang silih berganti,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang wisatwan asal Magelang Erni Istiani mengatakan wisata kebun bunga yang ada di kawasan pesisir bisa menjadi alternatif keberadaan wisata alam. Menurut dia, tiket masuk terhitung murah karena harganya sangat terjangkau. “Cuman Rp5.000 per orang dan sudah dipinjami topi untuk berfoto sepuasnya,” katanya.

Meski lokasi area berfoto tidak luas karena keterbatasan lahan dan banyak persaingan dengan pengelola lain, tetapi ia mengaku senang dengan keberadaan wisata selfie ini. “Idenya sangat kreatif sehingga keberadan taman-taman ini menambah destinasi wisata di Bantul,” ujarnya.