Advertisement

Dukung Baron Techno Park, BPPT DIY Hibahkan 2,9 Hektare Tanah ke Pemkab

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 12 April 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Dukung Baron Techno Park, BPPT DIY Hibahkan 2,9 Hektare Tanah ke Pemkab Salah satu sudut pemandangan di Pantai Baron, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Guna mendukung kepentingan pembangunan Baron Techno Park (BTP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) DIY menghibahkan tanah seluas 29.490 meter persegi atau 2,95 hektare kepada Pemkab Gunungkidul.

Sebelumnya tanah yang mencakup jalan dari pertigaan Baron ke barat hingga menuju gerbang BTP tersebut menjadi wewenang BPPT DIY, sehingga menyulitkan pemkab Gunungkidul untuk ikut mengelola secara langsung karena terkendala regulasi.

Advertisement

"Atas hal itu kami lakukan komunikasi dengan BPPT DIY, kemudian membuat surat permintaan untuk mengelola tanah yang menjadi barang milik negara (BMN) tersebut untuk dapat dikelola pemkab, tapi yang di luar BTP ya karena itu masih milik BPPT," ujar Kasubag Pengendalian Pembangunan Pemkab Gunungkidul, Supriyanto kepada wartawan, Rabu (11/4/2018).

Supriyanto mengatakan dengan penyerahan hibah ini, pihaknya bisa lebih leluasa untuk mengelola lahan yang sebelumnya telah dibangun jalan tersebut. Ia menambahkan dengan perpindahan wewenang lahan tersebut pihaknya bisa lakukan perawatan jalan, dan penambahan utilitas penerangan guna mempermudah akses menuju BTP.

"Jika ada yang kurang penerangan bisa ditambah lampu, jika ada yang rusak bisa diperbaiki, ini juga untuk menunjang BTP," katanya.

Supriyanto mengungkapkan pemkab Gunungkidul sebelumnya kesulitan untuk berpartisipasi langsung dalam perawatan lahan dan jalan hibah tersebut, padahal pihaknya ingin berpartisipasi dalam kemajuan BTP.

"Sebelumnya partisipasi kita ya memperkenalkan BTP ke masyarakat, kita condong ke sosialisasi dan promosi. Kini setelah aset lahan menjadi hak pemkab jadi bisa ikut mendukung dengan perawatan infrastruktur di luar BTP," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AstraZeneca Tarik Besar-besaran Vaksin Covid-19 Buatannya, Ini Alasannya

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement