Posko Kesehatan RSU Mitra Paramedika Diserbu Lansia

Suasana pemeriksaan kesehatan. - Ist/RSU Mitra Paramedika
16 April 2018 08:17 WIB Kusnul Isti Qomah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Ratusan orang lanjut usia (lansia) memanfaatkan layanan pemeriksaan gratis melalui posko layanan kesehatan yang didirikan Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Paramedika di Museum Gunung Merapi, Minggu (15/4/2018).

Para lansia yang memanfaatkan layanan pemeriksaan gratis di kawasan objek wisata itu berasal dari wilayah Pakem dan sekitarnya.

Direktur RSU Mitra Paramedika Ichsan Priyotomo mengungkapkan, layanan pemeriksaan gratis merupakan kerja sama multievent dengan Forum Tiga Warna.

"Kami ambil bagian dalam layanan pemeriksaan gratisnya karena memang even yang dihelat banyak sekali," ujar Ichsan dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (15/4/2018).

Pemeriksaan gratis sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan HUT ke-16 rumah sakit yang berlokasi di Widodomartani, Ngemplak, Sleman itu.

Ichsan mengaku tertarik dengan multievent bersama Forum Tiga Warna. Apalagi tema yang diusung adalah Dari Merapi untuk Kebhinekaan. Sebuah tema yang sangat memberi warna untuk memperkuat persatuan bangsa.

"Kegiatannya selaras dengan visi dan misi kami. Maka kami juga bisa terlibat dalam kegiatan positif tentunya dengan upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," jelas Ichsan.

Lebih lanjut Ichsan memaparkan, lansia yang memanfaatkan momen pemeriksaan gratis itu datang dengan berbagai keluhan. Rata-rata keluhan yang dirasakan para lansia adalah gangguan lambung, peradangan sendi, dan tekanan darah tinggi.

Selain pemeriksaan, petugas layanan medis juga memberikan edukasi kepada lansia. Edukasi yang diberikan jelas terkait keluhan yang dirasakan.

Setelah diperiksa untuk mengetahui keluhannya para lansia ini mendapatkan obat.

"Pengobatan kami berikan apabila keluhan yang dirasakan hanya sakit ringan. Tapi apabila sakitnya sudah kronis, kami edukasi untuk pengobatan lanjutan ke rumah sakit. Pengobatan secara intensif harus terkontrol bila sakitnya sudah kronis," jelasnya.

Para lansia yang mengikuti layanan pemeriksaan gratis itu pun menyampaikan apresiasinya.

Martorejo, 80, warga Hargobinangun, Pakem mengaku sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan gratis itu.

"Nembe mumet wonten pemeriksaan gratis meniko, njih alhamdulillah [pas pusing, pas ada pemeriksaan, ya alhamdulillah]," terang Mbah Marto.