Advertisement

Dana Jadup Rp4 Miliar untuk Lansia Jogja Siap Cair

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 20 April 2018 - 19:50 WIB
Bhekti Suryani
Dana Jadup Rp4 Miliar untuk Lansia Jogja Siap Cair Ilustrasi dana atau anggaran. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pencairan dana jaminan hidup (jadup) untuk para lansia dan penyandang disabilitas pemilik Kartu Menuju Sejahtera (KMS) segera dilakukan. Tahun ini sekitar Rp4 miliar disediakan Pemkot untuk penyaluran jadup bagi 790 orang penerima.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jogja Kadri Renggono mengatakan dana tersebut segera dicairkan. Dasar hukum untuk penyaluran bantuan jadup katanya berdasarkan keputusan walikota (kepwal) hibah bansos. "Berkas pencairan dana jadup sudah diajukan ke kami. Masih dalam proses pencairannya,” kata Kadri, Jumat (20/4/2018).

Advertisement

Dia menjelaskan, pencairan dana tersebut dalam satu tahun dilakukan empat bulan sekali. Besaran bantuan jadup yang diberikan sebesar Rp300.000 per bulan. "Karena disalurkan setiap empat bulan sekali, maka penerima akan mendapat Rp1,2 juta. Penyalurannya dilakukan oleh instansi terkait," jelasnya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jogja Erianti Edi Purnomo mengatakan untuk penyaluran dana jadup lansia disalurkan secara nontunai. Saat ini Dinsos sedang menyiapkan nomor rekening bank bagi penerima jadup. " Bantuan jadup bagi lansia pemegang KMS itu baru dimulai tahun ini. Penerima kami undang dan diberikan sosialisasi di kelurahan,” katanya.

Penyaluran dana jadup dilakukan secara nontunai mengacu pada ketentuan pengeluaran APBD. Berdasarkan aturan tersebut, pengeluaran kas daerah di atas Rp 500.000 harus dilakukan secara nontunai.

"Ini dilakulan agar penyaluran dana jadup tepat sasaran dan transparan. Apalagi rekening bank milik pemerintah daerah, jadi bisa ditarik sampai nol rupiah,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement