Advertisement

Ada 2.500 Takjil Gratis di Jogokariyan

Salsabila Annisa Azmi
Jum'at, 18 Mei 2018 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Ada 2.500 Takjil Gratis di Jogokariyan Warga Jogokariyan menyiapkan 2500 porsi takjil untuk masyarakat umum dalam gelaran Kampung Ramadhan Jogokariyan, Kamis (17/5/2018). - Harian Jogja/ Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kampung Ramadan Jogokariyan 2018 digelar dengan lebih banyak pedagang makanan masa kini. Sebanyak 300 pedagang berjajar dari ujung timur hingga ujung barat Jalan Jogokariyan.

Penyelenggaraan tahun ini pun menghabiskan anggaran Rp20 Juta setiap harinya yang murni diambil dari infaq warga Jogokariyan dan jemaah Masjid Jogokariyan.

Advertisement

Ketua Panitia Kampung Ramadan Jogokariyan Ahmeda Aulia Nurseta mengatakan setiap harinya Kampung Jogokariyan menyediakan 2.500 porsi nasi untuk takjil. Porsi tersebut disediakan untuk masyarakat umum, terutama warga kurang mampu. "Setiap tahun memang kami berusaha untuk mengajak lebih banyak masyarakat umum dan warga yang kurang beruntung untuk datang kemari. Jadi jumlah pedagang, porsi dan anggaran pasti bertambah dari tahun lalu," kata Ahmeda disela-sela persiapan pembukaan Kampung Ramadhan Jogokariyan 2018, Rabu (17/5/2018).

Ahmeda mengatakan per harinya takjil menghabiskan anggaran Rp20 Juta. Selama sebulan, penyediaan takjil menghabiskan anggaran Rp522 Juta. Ahmed menambahkan sebelum penyelenggaraan memang diadakan sosialisasi mengenai pentingnya berbagi pada sesama di Bulan Ramadhan. Sehingga dana yang terkumpul murni dari dana sedekah warga Jogokariyan dan jamaah Masjid Jogokariyan.

Ahmeda menjelaskan tahun ini panitia mengemas acara yang berbeda. Tema tahun ini disesuaikan oleh tragedi terorisme yang belakangan ini marak terjadi. Nantinya akan ada pengajian, diskusi dan penampilan nasyid yang mengajak pengunjung menjauhi radikalisme dan memberi dukungan pada keluarga korban aksi terorisme.

"Beda dengan tahun sebelumnya, kita ajak masyarakat bersatu memberikan dukungan untuk korban terorisme. Kami juga akan ramaikan dengan nasyid," kata Ahmeda.

Dalam pembukaan Kampung Ramadan Jogokariyan 2018 turut hadir Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan diadakannya Kampung Ramadan Jogokariyan diharapkan dapat memberi gambaran bagi warga Kota Jogja tentang Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

"Seperti inilah islam yang sebenarnya. Penuh kerukunan dan saling berbagi," kata Ahmad. Mengenai pengamanan selama Ramadhan, Ahmad mengatakan masyarakat wajib bersatu padu dengan TNI dan kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement