Advertisement

19 Siswa SD Nyanyikan Lagu Anak Karya Mahasiswa PGSD Universitas Sanata Dharma

Salsabila Annisa Azmi
Jum'at, 18 Mei 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
19 Siswa SD Nyanyikan Lagu Anak Karya Mahasiswa PGSD Universitas Sanata Dharma Seorang anak SD menyanyikan lagu perubahan wujud benda dalam Pentas Karya Cipta Lagu Anak yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sanata Dharma (USD) di Pendopo PGSD USD, Kamis (17/5/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sanata Dharma (USD) menggelar Pentas Karya Cipta Lagu Anak. Lagu-lagu ciptaan mahasiswa semester 6 PGSD USD dinyanyikan oleh 19 siswa SD di DIY. Nantinya acara tersebut akan dilanjutkan dengan pembentukan mata kuliah Cipta Kreasi Lagu pada tahun ajaran baru berikutnya.

Dosen Pendidikan Seni Musik PGSD USD Nugrahanstya Cahya Widyanta mengatakan 150 mahasiswa semester 6 PGSD USD ditugaskan secara berkelompok untuk membuat lagu untuk anak-anak kelas 1-6 SD dengan tematik kurikulum pembelajaran.

Advertisement

"Temanya bermacam-macam. Ada yang tentang keselamatan di jalan raya, kesehatan, perubahan wujud benda, keberagaman dan lain-lain," kata Hans disela-sela Pentas Karya Cipta Lagu Anak di Pendopo PGSD USD, Kamis (17/5/2018).

Hans mengatakan harapannya lagu-lagu itu bisa digunakan untuk metode pembelajaran di SD. Selain itu, dia berharap dengan cipta lagu tersebut akan mengajarkan mahasiswa supaya saat mereka sudah menjadi guru SD, mereka akan mempunyai kreativitas saat menghadapi anak-anak yang sedang bosan belajar. Intinya, cipta lagu bertujuan mengubah materi pelajaran menjadi menyenangkan untuk dipelajari anak-anak SD.

Hans menambahkan, sebelum para mahasiswa melakukan proses cipta lagu selama satu semester, mereka melakukan undian range kelas dan tema lagu. Menurut Hans hal tersebut perlu dilakukan karena lirik lagu anak SD akan berbeda setiap kelasnya dalam hal penyampaian ke psikologis anak-anak. Misalnya, lirik lagu untuk kelas 1 SD harus sederhana dan lugas. Oleh karena itu dalam menciptakan lagu, mahasiswa harus aktif berkonsultasi dengannya sebagai dosen pembimbing.

Hans mengatakan saat ini lagu anak sudah semakin pudar. Dia ingin kegiatan itu menjadi pelopor bangkitnya kembali lagu anak-anak seperti di era AT Mahmud. Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut dari USD atas gelaran acara tersebut, akan dibentuk mata kuliah cipta kreasi lagu anak-anak dalam konsentrasi seni di semester depan.

"Proses penyusunan kurikulum sudah dilakukan. Nanti dalam perkuliahan mahasiswa tidak hanya mendalami musik tapi juga mendalami psikologis anak dalam proses penciptaan lagunya," kata Hans.

Salah satu mahasiswa semester 6 PGSD USD, Mikael Dia Wardana memaparkan lagu ciptaan kelompoknya yang berjudul Beda Tapi Satu. "Di kehidupan sehari hari kan kita menemukan beragam budaya dan agama. Kami mengemas pesan itu dengan cipta lagu biar lebih bermakna dan sampai pesan moralnya ke mereka. Mereka juga jadi teringat-ingat selalu karena senang pas menyanyikannya," jelas Mikael.

Mikael menambahkan butuh proses panjang dalam menciptakan satu lagu. Mahasiswa butuh konsultasi di setiap tahapannya seperti penciptaan lirik, kajian psikologis range umur anak agar pesan moral lagu tersampaikan, penciptaan partitur lagu dan merangkai musik. Mikael mengatakan ada 19 lagu tercipta dan dinyanyikan oleh 17 anak dari berbagai SD yang bekerjasama dengan PGSD USD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement