Advertisement

Lomba CCA Berlangsung Meriah, SD Ibnu Abbas Raih Juara Pertama

I Ketut Sawitra Mustika/Meigitaria Sanita (M114)
Minggu, 20 Mei 2018 - 14:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Lomba CCA Berlangsung Meriah, SD Ibnu Abbas Raih Juara Pertama Para juara dalam lomba CCA. - Harian Jogja/Meigitaria Sanita (M114)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Lomba Cerdas Cermat Agama (CCA) yang diselenggarakan Harian Jogja dalam rangka HUT ke 10 dimenangkan oleh SD Ibnu Abbas.

Perlombaan cerdas cermat berjalan dengan persaingan yang cukup ketat. Tiga kelompok yang masuk final yakni SD Ibnu Abbas, SD Muhammadiyah Bantul, dan SDIT Salman Al Farisi 2. Dalam babak final dan pembacaan soal oleh dewan juri peserta harus mampu menjawab dan saling berebut untuk mendapat poin sebanyak-banyaknya.

Advertisement

Akhirnya, perlombaan dimenangkan oleh SD Ibnu Abbas dengan perolehan 1.000 poin, juara dua SD Muhammadiyah Bantul dengan perolehan 850 poin. Ketiga SDIT Salman Alfarisi 2 dengan perolehan 800 poin.

Peserta SD Ibnu Abbas telah mempersiapkan dengan matang untuk lomba tersebut dengan latihan menjawab soal yg telah dipersiapkan oleh guru pendamping. Hal tersebut diungkapkan Nisrina Tusrsyila, Karisma Alkhusna dan Kini Megan Tyesha, Minggu, (20/5/2018)

"Belajar dan latihan soal dari guru dan yang penting kerja sama," ungkap Nisrina Tusrsyila.

Mereka juga menambahkan selain latihan soal dari guru, sebelumnya mereka juga pernah menjuarai lomba tingkat provinsi sehingga mereka merasa siap dengan lomba cerdas cermat hari ini.

"Sebelumnya pernah dapat juara 2 lomba tingkat provinsi jadi siap, untuk lomba ini diberikan latihan soal oleh Bu Rini". Ungkap Kimi Megan Tyesha.

Lomba CCA HUT ke-10 Harian Jogja diikuti 18 SD dan Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) se-DIY, yang mayoritas diantaranya berasal dari Kota Jogja dan Sleman. Masing-masing sekolah diwakili tiga orang siswa/siswi.

Salah satu panitia Lomba CCA HUT ke-10 Harian Jogja Sunartono mengatakan, teknis lomba saat final berbeda dengan babak penyisihan. Jika dalam babak penyisihan, setiap kelompok hanya mengerjakan soal pilihan ganda, pada babak final, peserta harus menjadi yang tercepat dan sekaligus paling benar.

"Di babak final, peserta harus menjawab pertanyaan wajib berjumlah lima soal, pertanyaan lempar rebut sebanyak tiga soal dan pertanyaan rebutan sejumlah 10 soal," kata Sunartono di sela-sela lomba.

SD yang jadi juara pertama akan mendapatkan trofi Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan uang pembinaan Rp900.000. Sementara juara dua berhak atas trofi Walikota Jogja Haryadi Suyuti dan uang pembinaan Rp600.000. Adapun juara tiga akan mendapatkan trofi Kepala Dinas Pendidikan Jogja Edi Suasana dan uang pembinaan Rp300.000.

Lomba CCA HUT ke-10 Harian Jogja, lanjut Sunartono diadakan dengan tujuan menambah wawasan siswa SD dan TPA mengenai pelajaran Agama Islam. "Juga untuk merefresh pelajaran yang sudah didapatkan selama ini. Apalagi sekarang ini sedang dalam momen Bulan Puasa."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement