Advertisement

THR PNS Dipastikan Naik, Pemda DIY Malah Kebingungan

I Ketut Sawitra Mustika
Senin, 28 Mei 2018 - 18:20 WIB
Arief Junianto
THR PNS Dipastikan Naik, Pemda DIY Malah Kebingungan Ilustrasi PNS. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, DANUREJAN--Kendati sudah ada pemberitahuan secara resmi dari Pusat soal kenaikan besaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), namun Pemda masih bergeming. Bahkan hingga kini Pemda DIY belum mengetahui secara pasti total anggaran yang disiapkan untuk pencairan THR dan gaji ke-14 tersebut.

Kepala Bidang Anggaran Belanja Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Aris Eko Nugroho mengatakan Peraturan Pemerintah (PP) mengenai THR dan gaji ke-13 memang sudah diteken Presiden, selain itu Peraturan Menteri Keuangan juga sudah ada. Tapi, dia berdalih Pemda tetap butuh kepastian untuk menghitung besaran THR dan gaji ke-13.

Advertisement

"Misalnya, THR sekarang dapatnya take home pay sebulan. Itu yang masuk mana saja? Di dalam THR juga ada tunjangan kinerja. Tapi kami bukan tunjangan kinerja tapi TPP [Tunjangan Perbaikan Penghasilan]. Lah apakah sama kedua hal itu? Informasinya sama, tapi kami butuh ketentuan resmi," ujar Aris ditemui di kompleks Kepatihan, Senin (28/5/2018).

Disinggung soal anggaran tahun lalu, Aris mengaku Pemda DIY menganggarkan dana sekitar Rp95 miliar untuk THR dan gaji ke-13. THR rencananya, paling lambat akan dibayarkan pada 6 Juni 2018. Adapun gaji ke-13 dibayarkan pada bulan Juli.

Aris menambahkan hal yang juga jadi pertanyaan adalah THR bagi anggota DPRD DIY. "Lalu take home pay di sana [DPRD DIY] yang perlu dimasukkan yang mana saja? Kami belum bisa jawab, kalau logika kami punya. Untuk aturan tunggu Pemerintah Pusat."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement