Advertisement

Ingin Tahu Produk UMKM Sleman? Yuk, ke Pasar Lebaran!

Irwan A Syambudi
Selasa, 05 Juni 2018 - 07:17 WIB
Nina Atmasari
Ingin Tahu Produk UMKM Sleman? Yuk, ke Pasar Lebaran! Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun melihat produk UMKM Sleman. - Harian Jogja/ Meigitaria Sanita

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar Pasar Lebaran 2018. Pasar ini sendiri mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Sleman.

Pasar Lebaran yang digelar di halaman Disperindag resmi dibuka pada Senin (4/6/2018). Pasar yang digelar hingga Jumat (8/6/2018) ini  buka mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Dan di pasar tersebut turut memperkenalkan produk dari 60 UMKM.

Advertisement

Kepala Disperindag Sleman, Tri Endah Yitnani mengatakan dengan dikenalnya produk UMKM maka diharapkan masyarakat Sleman akan terus mempergunakan produk-produk lokal hasil usaha pelaku UMKM di wilayah Sleman. “Selain sebagai ajang promosi produk lokal, Pasar Lebaran juga bertujuan untuk membantu masyarakat Sleman dalam memenuhi berbagai kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang terjangkau,” kata dia, Senin.

Dalam kegiatan yang bertemakan Aku Cinta Produk Sleman yang Kreatif dan Inovatif ini juga disediakan sembako murah bagi masyarakat umum antara lain beras, gula pasir, minyak goreng, dan daging sapi. Guna menarik pengunjung untuk datang ke Pasar Lebaran, disediakan juga berbagai aneka kue kering, minuman, makanan siap saji, pakaian, batik, kerajinan, aksesoris dan akan ditampilkan aneka produk unggulan UMKM Sleman dengan harga murah.

Wakil Bupati sleman, Sri Muslimatun yang turut hadir sekaligus meresmikan secara simbolik Pasar Lebaran menyampaikan bahwa Pasar lebaran tersebut adalah upaya strategis untuk kembali merefresh keadaan UMKM di Sleman yang potensial.

“Keadaan UMKM di Sleman semakin lama semakin maju. Hal tersebut berkat kreativitas para pelaku usaha. Untuk itu, dukungan segenap pihak merupakan wujud apresiasi dan kepedulian terhadap UMKM di Sleman,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Sri menghimbau kepada masyarakat dan PNS di lingkungan Pemkab Sleman untuk menjadikan produk Sleman sebagai prioritas utama dalam memilih produk kebutuhan menjelang Lebaran maupun kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati juga berkesempatan meluncurkan secara langsung Galeri Upakarti Sleman. Galeri itu merupakan fasilitas tempat promosi dan pemasaran yang disediakan oleh Pemkab Sleman bagi UMKM Sleman untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya.

UMKM Sleman yang memajang produknya di Galeri Upakarti Sleman sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk dapat menitipkan produknya, UMKM Sleman harus mengikuti proses kurasi yang diadakan oleh tim kurator Disperindag untuk menilai kualitas produk, kapasitas dan kontinuitas produksi, kelengkapan label, inovasi dan orisinalitas produk serta bahan dan estetika kemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement