Mudik ke Kulonprogo, Ini Tempat Belanja dan Wisata yang Disarankan Bupati Hasto

Tim dari Biro Perekonomian dan Pembangunan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY memantau harga kebutuhan pokok pangan jelang Ramadan 2018 di Pasar Wates, Selasa (8/5 - 2018).Harian Jogja/Uli Febriarni
13 Juni 2018 23:17 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengimbau kepada pemudik yang datang ke Kulonprogo turut menerapkan Bela Beli Kulonprogo dan berbelanja keperluan serta oleh-oleh.

Menurut dia, dengan berbelanja kebutuhan dan oleh-oleh di Kulonprogo, maka kehadiran pemudik akan turut memberikan efek berlapis (multiplyer effect).

Ia belum bisa memprediksi peningkatan perputaran yang terjadi, namun menurut pengalaman dari tahun ke tahun, perputaran uang di Kulonprogo mengalami peningkatan selama Idulfitri.

Ia juga berharap, inflasi dengan nilai yang tidak tinggi akan menjadikan daya beli masyarakat meningkat.

"Bisa diduga sedikit, adanya libur panjang dan Tunjangan Hari Raya diindikasikan bisa sampai dua kali lipat hari biasanya," kata dia, saat pantauan posko mudik Idulfitri 2018, di Terminal Wates, Rabu (13/6/2018).

Diharapkan pula para pemudik bisa berwisata dan mengunjungi objek wisata di Kulonprogo, baik itu di perbukitan Menoreh maupun kawasan pantai. "Jangan dilewatkan," imbuhnya.

Pemudik juga tidak perlu mengajak keluarga mereka yang tidak memiliki pekerjaan ke daerah rantau. Jangan sampai hanya menambah jumlah pengangguran di daerah-daerah.

Pasalnya, di Kulonprogo sudah ada pelatihan kebandaraan dan non kebandaraan. Sehingga kini yang diperlukan adalah mendorong pemuda KP untuk terlatih menjadi tenaga kerja di Kulonprogo.