Advertisement

Ubur-Ubur Muncul Lagi di Pantai Gunungkidul, 27 Wisatawan Jadi Korban

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 19 Juni 2018 - 20:37 WIB
Nina Atmasari
Ubur-Ubur Muncul Lagi di Pantai Gunungkidul, 27 Wisatawan Jadi Korban Salah satu korban yang terkena serangan ubur-ubur, di Pantai Sepanjang, Desa kemadang, Tanjungsari, Selasa (19/6/2018). - Istimewa/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sempat dinilai aman dari serangan ubur-ubur, kawasan Pantai di Gunungkidul kembali diserang ubur-ubur, sehingga menyebabkan 27 wisatawan mengalami gatal dan sakit perih.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II, Marjono mengatakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, dan menyebabkan beberapa wisatawan menjadi korban.

“Tersebar korbannya itu ada yang di Pantai Sepanjang, ada yang di Pantai Krakal, ada yang di Pantai Kukup, namun tidak ada yang sampai fatal dan rata-rata dapat ditangani oleh petugas yang ada,” kata Marjono, Selasa (19/6/2018).

Dia mengatakan korban tidak hanya anak-anak, tetapi juga ada yang dewasa. Sempat ada korban hingga mengalami sesak napas namun dapat segera dibawa ke Puskesmas terdekat dan dibantu oksigen.

Menurut Marjono serangan ubur-ubur tersebut juga tidak disangka. Perubahan cuaca yang tiba-tiba menjadi dingin diduga menjadi penyebab munculnya ubur-ubur tersebut.

“Memang kemarin menjelang malam mendadak dingin sampai sekarang masih juga. Selain itu juga perubahan arah angin. Ya mudah-mudahan besok sudah tidak muncul lagi,” katanya.

Untuk ketersediaan obat untuk pertolongan pertama saat ini menurutnya masih mencukupi, kalaupun ada korban yang terpaksa harus dilarikan ke Puskesmas atau RSUD pihaknya juga mengaku siap.

Ia mengatakan selalu mengimbau ke wisatawan untuk berhati-hati terhadap ubur-ubur dan memasang tulisan peringatan di lokasi yang biasa muncul ubur-ubur.

Tidak hanya itu pihaknya juga mengimbau untuk lebih berhati-hati dengan bahaya karang dan gulungan ombak, karena pada Selasa (19/6/2018) terdapat lima korban luka.

Salah satu korban yang terkena ubur-ubur, warga Ceper, Klaten, Jawa Tengah, Afifah Ajeng mengaku mengalami gatal, alergi dan sempat sesak nafas. Ia juga sempat dibawa ke pos SAR Pantai Sepanjang untuk diberikan pertolongan. “Badan jadi tidak enak rasanya,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement