Advertisement

Lahan Calon Rest Area Semin, Gunungkidul Akan Seluas 2,2 Hektare

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 24 Juni 2018 - 10:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Lahan Calon Rest Area Semin, Gunungkidul Akan Seluas 2,2 Hektare Camat Semin Barji. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Lahan untuk pembangunan Rest Area Semin yang berlokasi di Dusun Kali Alang, Desa Kali Tekuk, Kecamatan Semin akan seluas 2,2 hektare. Lahan itu jauh lebih besar dibanding perkiraan Pemkab Gunungkidul yang sebelumnya menarget 5.000 meter persegi.

Camat Semin Barji mengatakan, keberhasilan pihaknya dalam memperluas lahan untuk rest area tersebut tak lepas dari dukungan masyarakat sekitar. Menurutnya, antusiasme warga yang terdampak pembangunan rest area dinilai tinggi.

Advertisement

Dalam pembebasan lahan lanjut Barji hanya memakan waktu satu hari. "Dukungan mereka [warga] sangat positif. Bahkan ada yang menawarkan lahannya untuk digunakan jika memang dirasa masih kurang," ujarnya kepada Harianjogja.com, Sabtu (23/6/2018).

Manfaat yang akan didapat dengan adanya rest area di Semin lanjut Barji menjadi alasan tingginya antusiasme warga. Sebab, warga sekitar khususnya yang berprofesi sebagai pedagang ataupun perajin lokal akan mendapat keuntungan yakni barang dan karyanya bisa terpampang di rest area yang pembangunannya diperkirakan menelan biaya hingga Rp10 miliar itu.

"Kita akan optimalkan manfaat rest area ini dengan menampilkan potensi yang ada di Semin. Hal ini juga untuk menunjang kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Drajat Ruswandono mengatakan pembuatan rest area selain sebagai tempat pemungutan retribusi bagi bus pariwisata juga sebagai penunjang perekonomian masyarakat. "Masyarakat akan kita tata untuk berdagang atau menjual jasa lainnya," terang Drajat.

Drajat menjelaskan, di rest area yang akan dibangun selain Semin dan rencannya Kecamatan Purwosari juga akan dilengkapi fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau klinik.
"Rest area lain seperti di Tleseh Bunder rencananya juga akan kami kembangkan," ujar Drajat. Adapun Program pembangunan ini rencananya akan segera direalisasikan dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement