Advertisement

Selama Lebaran, Pengiriman Uang ke Bantul Capai Rp1 Miliar

David Kurniawan
Rabu, 27 Juni 2018 - 16:10 WIB
Laila Rochmatin
Selama Lebaran, Pengiriman Uang ke Bantul Capai Rp1 Miliar Seorang pelanggan mengakses jasa pelayanan di Kantor Pos Cabang Bantul, Selasa (26/6/2018). Selama puasa Ramadan dan Lebaran 2018 traffic jasa pengiriman uang di Kantor Pos Cabang Bantul naik signifikan. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Selama puasa Ramadan dan Lebaran 2018 traffic jasa pengiriman uang di Kantor Pos Cabang Bantul naik signifikan. Di bulan biasa, jasa pengiriman hanya di kisaran Rp400 juta, tetapi saat Lebaran kemarin bisa menembus Rp1 miliar.

Manajer Pelayanan Kantor Pos Cabang Bantul Isti Yunani mengatakan sudah menjadi tradisi yang terjadi setiap tahun saat momentum Lebaran, jumlah pengiriman ke Bantul meningkat.
Untuk tahun ini, pengiriman selama Ramadan dan Lebaran meningkat lebih dari 100%, jika dibandingkan dengan pengiriman di hari biasa.

“Jumlah ini merupakan akumulasi pelayanan pengiriman uang di seluruh unit Kantor Pos di Bantul,” kata Isti kepada Harian Jogja, Selasa (26/6/2018).

Menurut dia, tingginya pengiriman uang tidak lepas dari kebutuhan masyarakat selama Lebaran. Oleh karena itu, bagi warga yang bekerja di luar dan tidak bisa mudik memanfaatkan jasa pengiriman uang untuk mencukupi kebutuhan keluarga yang ada di rumah.

Isti menuturkan untuk pengiriman di kantor pos terbagi menjadi dua. Yakni jasa pengiriman dari dalam negeri dan luar negeri. “Jika diperbandingkan, untuk besaran uang kiriman lebih banyak dari luar negeri. Namun kalau dilihat dari sisi pengirim lebih banyak pengiriman dari dalam negeri,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan Manajer Penjualan Kantor Pos Cabang Bantul Eddy Susanto. Menurut dia, pada momentum Lebaran jasa pengiriman uang meningkat, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. “Mengacu dari data transaksi yang masuk, besaran uang yang dikirim sekitar 60 persen berasal dari luar negeri, sedang 40 persen lainnya berasal dari dalam negeri,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk pengiriman dari luar negeri didominasi pekerja asal Bantul yang bekerja di Benua Asia, seperti Malaysia, kawasan Timur Tengah. “Memang ada yang dikirim dari Benua Eropa, tapi jumlahnya tidak sebanyak dari kawasan Asia,” kata Eddy.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

WhatsApp Bocor, Israel Dikabarkan Gunakan Data untuk Serang Rumah Warga Palestina

News
| Rabu, 24 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement