Advertisement

Hari Pertama Belum Daftarkan Caleg, Ini yang Dilakukan Parpol di Kulonprogo

Beny Prasetya
Rabu, 04 Juli 2018 - 22:37 WIB
Nina Atmasari
Hari Pertama Belum Daftarkan Caleg, Ini yang Dilakukan Parpol di Kulonprogo Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Komisioner Komisi Pemilihan Umum Panggih Widodo, menyatakan hingga pukul 16.00 WIB ini pihaknya belum menerima berkas fisik dari partai manapun.

Ia juga mengaku belum ada partai yang hendak ke Kantor KPU yang berada di Desa Bendungan, Kecamatan Wates. "Masih belum ada Parpol yang mengajukan, hingga sore ini," katanya.

Advertisement

Ia mengaku sejumlah parpol di Kulonprogo masih mempersiapkan berkas fisik kendati telah mengisi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). "Sudah mengisi [silon], hanya belum ada yang menyerahkan dalam bentuk hard copy," ungkapnya.

Ia juga meminta Parpol di Kulonprogo untuk segera mendatangi KPU Kulonprogo. Kendati tidak membawa berkas, seluruh parpol dapat memanfaatkan help desk yang telah disediakan sejak sosialisasi Silon awal Juni lalu. Ia juga berharap, parpol yang ada untuk bisa mendaftar saat masa akhir pendaftaran. "Bisa menggunakan help desk kami," katanya.

Sementara Kordinator Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Panwaslu Kulonprogo, Ria Harlinawati, menyatakan akan terus mengawal proses pendaftaran calon legislatif dalam pemilu 2019 mendatang. Pihaknya akan terus memantau dari awal pendaftaran yang dibuka Rabu (4/7/2018) ini hingga Selasa (17/7/2018) mendatang.

Terpisah Sektretaris DPC PDIP Kulonprogo, Istana menyatakan pihaknya telah menyiapkan bacaleg sejak jauh-jauh hari. Begitu juga dengan permintaan Komisi Pemilihan Umum Kulonprogo untuk mempersiapkan operator untuk mengentri data bacaleg ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Adapun terkait pelimpahan berkas fisik, pihaknya tengah mempersiapkan agar tidak terjadi pengulangan.

"Sudah disiapkan seluruhnya, dari lima daerah pilih di Kulonprogo, hampir 50 Bacaleg, kami akan serahkan dokumennya ke KPU setelah selesai kami verifikasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement