SMK Ar Rahmah Buka Pendaftaran Siswa Baru dengan Sistem Pondok Pesantren

SMK Ar Rahmah. - Istimewa/Dokumen Sekolah
06 Juli 2018 07:17 WIB Nina Atmasari Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- SMK Ar Rahmah di Kedungbule, Trimurti, Srandakan, Bantul membuka pendaftaran siswa baru. Sekolah ini mengunggulkan sistem sekolah berbasis pondok pesantren (boarding school).

Rahmat Jatmiko dari SMK Ar Rahmah menyebutkan PPDB 2018 SMK Ar-RAHMAH Boarding School membuka pendaftaran siswa baru tahun 2018 khusus kaum dhuafa, fakir miskin dan yatim piatu, anak terlantar mendapatkan keringanan/gratis.

Mereka akan dibiayai dari donasi. Pihak sekolah juga menerima donasi dari para dermawan, yang bisa disalurkan ke bank BRI cabang Srandakan No. Rekening 663901009971534.

Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Bani Fakhruddin milik keluarga K.H. AR Fachruddin (mantan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode tahun 1968-1990) yang telah berdiri sejak tahun 1980-an.

Sistem pendidikan yang diterapkan berupa pondok pesantren yatim-piatu, dhuafa dan fakir-miskin yang mencetak calon da’i yang bersih dan tartil Al-Quran dari SMP, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia.



Yayasan pada tahun pelajaran 2011/2012 telah mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), tahun pelajaran 2017/2018 sudah menampung ±120 santri, yang sebagian besar dari keluarga tidak mampu.

Mereka ditanggung pemondokan, sandang, pangan dan sekolah gratis/bebas biaya selama mondok dan sekolah tiga tahun, uang gedung, pembangunan, SPP 3 tahun, uang pengembangan, uang infaq atau tanpa pungutan dari siswa/santri bagi yang benar-benar tidak mampu dalam hal pembiayaan kehidupan dengan bukti kartu miskin/dari pemerintah desa setempat.

Untuk kebutuhan harian (baju, makan, minum dan uang saku anak) serta melengkapi sarana prasarana pondok dan sekolah, mereka mengandalkan dari budi baik para donator/dermawan.

Saat ini masih ada anggapan dan persepsi miring tentang kegunaan pendidikan pesantren untuk masa depan. Anggapan ini perlu diluruskan yakni bahwa pesantren  ikut menentukan kehidupan di kemudian hari, untuk membentuk karakter pribadi yang baik dan berbudi luhur.



Pesantren menjadi penjara suci tempat menimba segala ilmu dan pengalaman pahit, memberikan contoh perjuangan yang mesti dilalui dengan jerih payah, kurang tidur, kekurangan makan, tiada hari tanpa tanggung jawab kepada Alloh SWT dan kepada guru sebagai bahan proposal yang akan kita suguhkan kepada anak didik, dan masyarakat Islam pada umumnya.

Umat akan tunduk kepada perjuangan dan keikhlasan bukan kepada kepandaian dan jabatan. Pondok Pesantren harus siap dan mampu menjawab pertanyaan tersebut untuk izzil Islam wal Muslimin di Indonesia ini.

Santri Pondok Pesantren yang telah dibekali dengan ilmu pengetahuan dengan resmi bersekolah di SMK AR RAHMAH jurusan Teknik Komputer Jaringan harus menjadi emas yang setiap orang pasti menyukainya, dan ilmunya para santri harus menjadi pakaian yang setiap orang pasti memerlukannya.

Perguruan Tinggi maupun Industri akan merasa bangga apabila mendapatkan alumni dari SMK Ar Rahmah. Di samping ilmu pengetahuan umum dibarengi dengan nilai religius, pendidikan karakter dan budi pekerti yang baik sehingga ketentraman di lingkungan akan lebih baik dan terjaga.

Kegiatan di pondok pesantren dan SMK Ar Rahmah diawali para santri Ar-Rahmah biasanya mulai bangun untuk sholat Tahajjud dan ketika adzan subuh di kumandangkan, semua santri bergegas mengambil air wudhu dan menuju ke masjid untuk melaksanakan salat.



Santri kemudian masuk kelas masing-masing untuk melakukan aktivitas kepondokan berupa kajian bersama ustadz, sampai pukul 05:30. Setelah kajian pondok selesai semua santri melaksanakan piket harian yaitu menyapu seluruh halaman pondok sekitar 15-20 menit.

Usai mandi dan makan, mereka kemudian berangkat ke sekolah formal pukul 07.00 WIB, ada SMP dan SMK. Siwa SMP bersekolah di luar pondok, sedangkan SMK di area pondok dengan program 6 hari kerja.

Santri biasanya sekolah sampai pukul 14:30. Salat duhur termasuk dilakukan di jam istirahat. Sepulang sekolah, santri makan siang, istirahat sampai salat ashar lalu melakukan kegiatan kepondokan kembali sampai jam 17:00.

Usai mandi mereka melakukan persiapan salat maghrib, dilanjutkan mengaji/hafalan dan tidak boleh keluar masjid sampai adzan isya di kumandangkan.

Setelah salat isya salah satu santri maju untuk melakukan kultum harian sekitar 10-15 menit. Kultum ini dilakukan secara bergilir dengan menunjuk temannya. Setelah kultum semua santri makan malam.

Santri harus belajar pada jam wajib belajar santri sampai jam 21:15. Setelah itu mereka tidur malam. Pengabsenan santri di lakukan di waktu salat 5 waktu.

Adapun kegiatan SMK Ar Rahmah, sekolah dimulai pukul 06.45 dengan kewajiban siswa tadarus Al Qur’an dan dilanjutkan pada pukul 07.00 dimulai pelajaran formal hingga pukul 14.30 pada setiap harinya.



Kerjasama dengan berbagai Industri dan perusahaan juga telah lama terjalin dengan di sertai MOU untuk menjalin dan mempererat legalitas. Tenaga pendidik dan kependidikan diisi dari kaum muda yang masih full energi dan fress graduate yang semuanya telah menempuh sarjana S1.

Berbagai macam penghargaan dan prestasi siswa SMK Ar Rahmah telah diraih baik tingkat kecamatan maupun tingkat nasional dengan bukti piagam, sertifikat dan piala yang ada di almari.

Untuk fasilitas pelaksanaan belajar mengajar, enam ruang kelas, dua ruang laboratorium komputer, kantor, perpustakaan,  kamar mandi, halaman luas, ekstra kulikuler dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Pada tahun ajaran baru 2018/2019 SMK Ar Rahmah mengajak seluruh masyarakat Muhammadiyah khususnya dan warga Muslim umumnya agar bisa bergabung bersama dengan  menerima pendaftaran siswa baru (PPDB) dengan daya tampung terbatas (64 siswa).

Pendaftaran telah dimulai dari bulan April 2018. Siswa/santri Ar Rahmah selama ini dari berbagai penjuru Indonesia dari Sabang sampai Merauke, di antaranya dari Kalimantan, NTT, NTB, Irian Jaya, Bali, Ambon, Pemalang, Wonosobo, Temanggung, Sumatra dan DIY. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di Web http://smkarrahmah.blogspot.co.id/

Sekolah juga memiliki fasilitas terdiri 3 ruang Laboratorium Komputer lengkap dengan 65 unit komputer dan laptop yang sudah tersambung internet, 6 ruang kelas, 1 Ruang Praktek Siswa, Ruang Guru, Ruang Perpustakaan, kamar mandi, Warnet, Ruang Guru, lapangan upacara, dan lainnya.



Beberapa kejuaraan juga telah diraih baik tingkat kecamatan dan kbupaten maupun tingkat nasional. Pada tahun 2015, SMK Ar Rahmah mendapatkan Penghargaan Resmi dari Menteri Pendidikan, Anies Baswedan sebagai sekolah berintegritas dengan nilai 83,6.

IPTEK merupakan bagian integral dari agama yang tidak bisa dipisahkan. Dengan pola semacam ini diharapkan bisa menghasilkan intelektual yang mempunyai keimanan yang tangguh dan moral yang luhur, pakar dalam IPTEK dan faqih dalam agama.

Maka, Pondok Pesantren, Madrasah, TPA, dan Yayasan Islam yang lain menjadi tanggungjawab bersama. Sekolah ini akan mencoba memberlakukan kurikulum extra pondok pesantren yakni sistem wajib belajar 12 tahun. Kurikulum dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan dan kenyataan tersebut.

Untuk kehidupan dan keberlangsungan pondok dan SMK, selama ini mendapatkan  bantuan dari para donator dan dermawan. Adapun untuk pembangunan pondok pesantren, SMK dan santunan orang tua asuh untuk membiayai extra kurikulum tersebut.

Bantuan bisa disalurkan melalui Bank BPD DIY, Nomor Rekening : 006.231.009893 a/n SMK Ar-Rahmah. Bank BRI Cabang Srandakan, Nomor Rekening : 663901009971534 a/n SMK Ar-Rahmah.