Advertisement

Waspada ! Ikan Teri Berformalin Marak di Pasar Kulonprogo

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 17 Juli 2018 - 18:50 WIB
Bhekti Suryani
Waspada ! Ikan Teri Berformalin Marak di Pasar Kulonprogo Ilustrasi ikan teri. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DIY kembali menemukan ikan teri berformalin di Pasar Wates, Kulonprogo. Enam sampling ikan teri berformalin tersebut membuat BPOM DIY kembali mengadakan pemeriksaan rutin di beberapa pasar.

Kepala BPOM DIY Sandra MP Linthin mengatakan ditemukan enam sampling ikan teri berformalin dari tujuh sampling yang diuji. "Pengawasan rutin di tiga pasar akan dilakukan karena berdasar hasil pengawasan itu," kata Sandra, Selasa (17/7/2018). Sandra mengatakan pemeriksaan rutin akan dilakukan di Pasar Wates, Pasar Beringharjo dan Pasar Sleman.

Advertisement

Saat ini, Sandra mengatakan, BPOM DIY masih menerjunkan tim yang melakukan pemeriksaan di seluruh los pedagang ikan dari ketiga pasar tersebut. Sandra mengatakan menurut pengamatan tim lapangan, produsen ikan teri yang memasok di ketiga pasar bukan pemasok besar karena datang menggunakan sepeda motor.

Dia mengatakan di tiga pasar tersebut sering ditemukan ikan teri berformalin. Oleh karena itu nantinya hasil penemuan ikan teri berformalin akan dikompilasi untuk diteruskan ke Dinas Kelautan dan Perikanan DIY agar ditelusuri produsennya. "Produsennya dapat dipastikan bukan dari DIY. Kemungkinan besar dari Jawa Timur," kata Sandra.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Suwarman membenarkan adanya pemeriksaan rutin yang dilakukan pihaknya dan BPOM. Suwarman mengatakan penemuan ikan berformalin memang terus terjadi. "Tetapi sekarang jumlahnya sudah sangat menurun. Kadarnya pun juga sangat kecil," kata Suwarman.

Suwarman mengatakan dalam seminggu ke depan akan dirilis data penemuan ikan teri berformalin dan asal pasarnya. Suwarman meyakini masih ditemukan ikan teri berformalin di tiga pasar tersebut. 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jamaika Resmi Mengakui Kedaulatan Palestina

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement