Advertisement

Ratusan Pelajar dari 6 Provinsi Beradu Seni di Jogja

Sunartono
Rabu, 18 Juli 2018 - 12:10 WIB
Laila Rochmatin
Ratusan Pelajar dari 6 Provinsi Beradu Seni di Jogja Kepala Disidikpora DIY Kadarmanta (ketiga dari kiri) bersama sejumlah perwakilan provinsi lain membunyikan kentongan saat membuka DSPN 2018, Selasa (17/7/2018) malam. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Ratusan pelajar perwakilan dari enam provinsi beradu kemampuan olah seni budaya dalam perhelatan Duta Seni Pelajar Nusantara (DSPN) 2018 yang berlangsung di Yogyakarta dari Selasa (17/7/2018) hingga Jumat (20/7/2018). Event berbentuk festival tanpa kompetisi itu bertujuan untuk mengurangi kesenjangan pelajar antar provinsi terutama Jawa dan Bali.

Kegiatan tahunan itu dibuka pada Selasa (17/7/2018) malam di Hotel Sahid Jaya Babarsari, Depok, Sleman dengan menampilkan atraksi seni dari hingga yel dari para kontingen enam provinsi terdiri atas Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Lampung, DKI Jakarta dan DIY.

Mereka akan beradu kemampuan bidang seni, salah satunya di Prambanan dan Monumen Serangan Umum 1 Maret atau kawasan Titik Nol Kilometer. Ratusan peserta itu merupakan pelajar yang diseleksi dari provinsi perwakilan sehingga seluruhnya memiliki kelebihan bidang seni budaya.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan duta seni pelajar merupakan kegiatan rutin yang diikuti perwakilan provinsi dari Jawa, Bali dan Lampung. Kegiatan itu digelar sebagai suatu kesepakatan sidang koordinasi pembangunan regional Jawa dan Bali tahun 2000 silam, mengingat angka pengguna narkoba di kalangan pelajar saat itu tergolong tinggi.

"Agar dapat mengurangi angka kasus narkoba di kalangan pelajar, waktu itu disepakati provinsi Jawa bali menggelar duta seni pelajar," terangnya di sela-sela pembukaan, Selasa.

Ia mengatakan, dalam perkembangannya provinsi lain seperti Lampung, NTB dan NTT serta sejumlah provinsi hasil pemekaran juga ikut serta dalam perhelatan seni pelajar itu. Meski demikian pada DSPN 2018 tidak semua provinsi mengirim kontingen.

Baskara Aji berharap melalui kegiatan itu, para pelajar dapat mengekspresikan diri melalui kegiatan seni sekaligus sebagai ajang melakukan silaturahmi bagi anak.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement