Advertisement

Awas! Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Bisa Mencapai 6 Meter

Newswire
Jum'at, 20 Juli 2018 - 15:17 WIB
Nina Atmasari
Awas! Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Bisa Mencapai 6 Meter Kerusakan warung makan di Pantai Pulang Sawal akibat gelombang tinggi, Kamis (19/7/2018). - Ist/ Dok SAR

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Gelombang tinggi masih berlangsung di laut selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (20/7/2018).

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Agus Sudaryatno menambahkan tinggi gelombang tersebut bisa terus meningkat. Bahkan pada 25 sampai 26 Juli tinggi gelombang diperkirakan bisa mencapai tinggi maksimum 5-6 meter.

Advertisement

"Oleh sebab itu khususnya pada 25-26 Juli kami mengimbau agar nelayan tidak melaut. Bukan hanya di pesisir selatan Yogyakarta tinggi gelombang itu juga terjadi mulai pesisir selatan Pulau Sematera sampai selatan NTB," kata dia, Jumat.

Meski demikian, kata Agus, perkiraan tersebut tidak menutup kemungkinan masih bisa berubah. Hingga saat ini, petugas di Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta terus melakukan pemantauan 24 jam.

Pada Kamis (19/7/2018) gelombang tinggi yang terjadi di sepanjang pantai selatan wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebabkan puluhan gasebo hingga lapak di sejumlah objek wisata pantai mengalami kerusakan.

Di Pantai Somedang terjangan gelombang laut mengakibatkan 15 gasebo rusak, di Pantai Ngandong menyebabkan dua gasebo roboh, tiga lapak pedagang rusak, dan empat warung dinding tembok jebol.

Kemudian, di Pantai Drini lima kapal milik nelayan rusak, satu gasebo hilang terbawa arus gelombang, satu lapak pedagang roboh, dan satu set alat tangkap hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement